Sering Pakai Makeup Bikin Wajah Cepat Tua? Ini Penjelasan Ahli Kulit

September 18, 2019

Sering Pakai Makeup Bikin Wajah Cepat Tua? Ini Penjelasan Ahli Kulit

Banyak orang menilai terlalu sering menggunakan makeup akan membuat wajah cepat tua. Disarankan, para wanita berhenti sejenak dari makeup agar kulit bisa bernapas. Hal tersebut langsung dibantah oleh dokter kulit Philip Artemi, makeup justru berfungsi sebagai penangkal radiasi sinar matahari yang menyebabkan kerutan dan pigmentasi kulit selain sunscreen.

Menurut Philip, penggunaan tabir surya tidak cukup menjaga kesehatan kulit sehingga perlu makeup sebagai fungsional untuk mengurangi risiko penuaan dini dan melindungi kulit dari polusi. Khususnya pada area mata yang biasanya terlewatkan dalam perlindungan sunscreen. Maka, penggunaan eyeshadow dan highlighters efektif untuk melindungi mata.

Agar tidak terjadi penuaan dini akibat sering menggunakan makeup, dokter kulit Sejal Shah mengingatkan untuk selalu membersihkan sisa makeup hingga bersih. Jika tidak bersih, akan muncul masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan iritasi.

Berbeda dengan dokter kulit sekaligus peneliti asal Jepang Esho Tokada. Menurutnya, bahan kimia yang terkandung dalam makeup bisa menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan masalah kulit. Selain itu, kolagen alami dalam kulit juga akan rusak dan tidak elastis atau kenyal lagi jika terlalu sering terkontaminasi dengan bahan kimia.

Beberapa hal dampak buruk penggunaan makeup untuk wajah yang perlu kamu tahu:

1. Tersumbatnya pori-pori

Menurut pakar kecantikan Diane Elizabeth, kulit wajah tertutup foundation atau makeup yang terlalu tebal akan menyumbat pori-pori dan akibatnya timbul masalah kulit.

2. Kerutan

Tak hanya menyumbat pori-pori, menggunakan makeup juga membuat wajah kehilangan kecantikan alaminya. Kulit lebih cepat menua dan keriput karena tidak bisa bernapas dengan baik. Elastisitas kulit juga akan menurun yang menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan kendur.

3. Infeksi kulit

Banyaknya makeup yang dipakai ternyata bisa menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Disarankan, para wanita tidak menggunakan makeup selama dua hari dalam seminggu agar kulit bisa bernapas dan melakukan regenerasi untuk pembentukan sel kulit baru.

Baca Juga : 8 Bahaya Tidur dengan Makeup




Dan juga Skin Expert

Usia Berapa Wanita Bisa Gunakan Produk Anti Aging?
Usia Berapa Wanita Bisa Gunakan Produk Anti Aging?

November 12, 2019

Beberapa dermatologist mengatakan, usia pertengahan 20-an dibutuhkan produk anti aging. Apa sebabnya?

Baca lebih banyak

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

November 11, 2019

Baca lebih banyak

Sering Naik KRL Bikin Kulit Cepat Tua?
Sering Naik KRL Bikin Kulit Cepat Tua?

November 01, 2019

Kamu anker (anak kereta)?. Waspada, sering naik kereta bikin kulitmu cepat tua.

Baca lebih banyak