Pro dan Kontra Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Kulit

Oktober 05, 2019

Pro dan Kontra Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Kulit

Semua orang percaya bahwa kebiasaan minum air putih bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Namun, ternyata ada penemuan bahwa air putih tidak bermanfaat bagi kesehatan kulit apalagi bisa bikin awet muda. Revie dari Clinics in Dermatology menemukan hanya sedikit riset yang mengungkapkan minum banyak air putih berdampak baik bagi kesehatan kulit. Penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri Columbia Study mengungkapkan meminum 500 ml air putih dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit namun tidak ada hubungannya dengan kondisi tampilan kulit.

Menurut dokter spesialis kulit dan fungsi pertahanan kulit Fayne L. Frey, MD, ada penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air dapat membuat kulit lebih terhidrasi. Sayangnya, tidak berlaku bagi orang yang memiliki kondisi kulit normal. Penampilan kulit tergantung pada kemampuan kulit untuk menahan air.  Lapisan luar kulit, sudut stratum dirancang untuk mencegah kehilangan air dari kulit ke bagian luar serta bertanggung jawab atas karakteristik kedap air dari tubuh. Jika menginginkan kulit sehat dan cerah maka rutin merawat kulit dengan menggunakan pelembab yang bisa mencegah kulit dari kekeringan.

Namun, hal tersebut hanya sebuah penelitian. Faktanya, ada sejumlah orang yang mendapatkan manfaat baik dari minum air putih. Bintang Hollywood Jennifer Aniston mengaku rahasia cantiknya adalah dengan minum banyak air putih. Selain itu, ada warga London bernama Sarah Smith yang meminum 3 liter air putih per harinya dan merasakan dampak baiknya. Kebiasaan minum air putih berguna meredakan sakit kepala dan masalah pencernaan yang dideritanya selama bertahun-tahun. 

Tak hanya merasa lebih sehat, penampilan Sarah juga mengalami perubahan besar. Misalnya, lingkar hitam mata, kerutan, ruam kemerahan, dan kulit kusamnya luntur seketika hanya dalam minggu pertama minum air putih. Minggu kedua, warna kulitnya lebih merata, cerah, bahkan terlihat 10 tahun lebih muda, dan berat badan turun setengah kilogram. Minggu ketiga, kulitnya lebih kenyal, kinerja dalam bekerja lebih baik karena gampang berkonsentrasi. Minum air putih 3 liter per hari ini disarankan oleh ahli gizi dan ahli saraf.

Menurut dosen fisiologi senior dari Manchester Metropolitan University, efek yang didapatnya bisa dipengaruhi dari air putih. Seperti diketahui, 73% otak adalah air karenanya asupan air sangat berperan penting. Jika tidak terpenuhi, otakpun bekerja lebih optimal. 




Dan juga Skin Expert

Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?
Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?

Desember 23, 2019

Beauty blender harus sering dibersihkan dan diganti berdasarkan masa kadaluarsanya agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Baca lebih banyak

Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan
Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Desember 20, 2019

Saat musim hujan, penyakit kulit akan muncul karena kadar kelembapan udara meningkat.

Baca lebih banyak

3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Desember 20, 2019

Jika kamu mengalami masalah kulit ini, waspada penyakit serius yang mengintai pada tubuhmu.

Baca lebih banyak