6 Masalah Kulit yang Muncul Akibat Gunakan Skincare Berlebih

Desember 18, 2019

6 Masalah Kulit yang Muncul Akibat Gunakan Skincare Berlebih

Apapun yang berlebihan tidaklah baik untuk diri kita, termasuk penggunaan skincare. Jika kamu menggunakan skincare secara berlebih, maka akan ada permasalahan kulit yang muncul. Diantaranya :

1. Ruam dan gatal

Kulit yang memerah, meradang, tidak rata, atau gatal merupakan dampak negatif dari penggunaan skincare secara berlebih. Dermatolog Beverly Hills, California, Tsippora Shainhouse, MD mengatakan ruam pada kulit bisa disebabkan oleh bahan pengawet atau pewangi dalam produk skincare. Cobalah untuk menghentikan pemakaian produk yang mengandung wewangian dan bahan kimia. Atau kamu bisa gunakan tipis-tipis.

2. Kulit terasa kencang

Jika kulit mengencang bisa jadi itu produk skincare yang bisa mengurangi kelembapan kulit. Jangan salah kaprah tentang skincare yang bisa membuat kulit kencang adalah yang terbaik. Bisa jadi itu adalah masalah atau dampak negatif dari pemakaian skincare. Menurut pakar kecantikan Heather Wilson, rasa kulit yang mengencang bisa merusak kesehatan kulit dan menyebabkan peningkatan produksi minyak, membesarnya pori-pori, dan kerutan wajah. Jika kulit mengencang setelah mencuci wajah, pilihlah produk dengan pH seimbang yang mengandung bahan lembut dan alami.

3. Iritasi karena eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi memang dianjurkan untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, jika terlalu sering mengeksfoliasi kulit maka bisa menimbulkan permasalahan wajah. Misalnya, kulit menjadi gatal, memerah, mengelupas, atau sensitif.

4. Memakai banyak produk

Kebanyakan wanita mudah tergoda untuk menggunakan banyak produk. Ini sebenarnya membuat masalah kulit semakin parah dan membuat kontraproduktif. Kulit bisa menjadi kering, iritasi, hingga memicu bruntusan. Apalagi, jika kamu pemilik kulit bruntusan maka masalah kulit yang akan muncul makin parah.

5. Kulit mengkilap tapi tidak berminyak

Kondisi kulit ini menandakan overeksfoliasi. Ini dikarenakan kulit yang over eksfoliasi kehilangan sel kulit mati di permukaan lebih banyak dari yang seharusnya.

6. Kulit terlalu berminyak

Tingkat kelembapan kulit menunjukkan keseimbangan. Jika kulit tiba-tiba menjadi berminyak, bisa dikarenakan terlalu sering menggunakan banyak produk. Pilihlah serum dan pelembab berbentuk gel yang mengandung hyaluronic acid yang menghidrasi kulit tanpa menambahkan minyak. Hentikan pemakaian produk yang bisa membuat kulit kering sebelum menambah produk yang baru.




Dan juga Skin Expert

Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?
Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?

Desember 23, 2019

Beauty blender harus sering dibersihkan dan diganti berdasarkan masa kadaluarsanya agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Baca lebih banyak

Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan
Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Desember 20, 2019

Saat musim hujan, penyakit kulit akan muncul karena kadar kelembapan udara meningkat.

Baca lebih banyak

3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Desember 20, 2019

Jika kamu mengalami masalah kulit ini, waspada penyakit serius yang mengintai pada tubuhmu.

Baca lebih banyak