Perlukah Mengonsumsi Vitamin saat Puasa?

Mei 03, 2019

Perlukah Mengonsumsi Vitamin saat Puasa?

Pada saat puasa tubuh akan kekurangan cairan dan zat gizi, terutama vitamin serta mineral. Mereka akan terasa lemas karena kekurangan asupan makanan pada siang hari. Untuk menambah stamina dan tak terasa lemas, sebagian orang mengonsumsi vitamin. Vitamin menjadi pelengkap nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bisa beraktivitas dengan normal saat berpuasa. Namun, sebenarnya perlukah mengonsumsi vitamin saat puasa?.

Beberapa ahli nutrisi menganjurkan mengonsumsi vitamin saat berpuasa baik untuk tubuh. Dianjurkan konsumsi vitamin setelah sahur. Beberapa vitamin, seperti A, D, dan E dapat larut dalam lemak. Vitamin B kompleks berguna mengoptimalkan energi yang didapat dari sahur. Kandungan mineral dari vitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga tubuh tidak gampang lelah dan lemas.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Metropolitan University of Denmark mengatakan sah-sah saja mengonsumsi vitamin saat berpuasa. Namun, baiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena asupan makanan saat sahur dan berbuka sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Disarankan konsumsi sumber karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin saat sahur. Kamu bisa mendapatkan makanan sehat dari sayuran dan buah-buahan.

Rutin mengonsumsi makanan sehat bisa meningkatkan kekebalan pada tubuh sehingga mampu menangkal bakteri serta virus yang mencoba masuk dan merusak sel dalam tubuh. Namun, jika terlalu sering mengonsumsi vitamin maka akan menjadi ketergantungan. Para ahli nutrisi pun menganjurkan hanya beberapa orang yang boleh mengonsumsi vitamin, diantaranya:

  • Wanita usia subur yang memerlukan tambahan kalsium dan zat besi
  • Wanita hamil dan menyusui
  • Anak dan remaja dengan kebiasaan makan tidak teratur
  • Vegetarian
  • Orang yang pemilih makanan
  • Orang yang memiliki gangguan makan atau kondisi medis tertentu, seperti gastrointestinal
  • Orang yang sering makan makanan cepat saji dan olahan



Dan juga Skin Expert

Mencampur Beberapa Produk Skincare Jadi Satu, Why Not?
Mencampur Beberapa Produk Skincare Jadi Satu, Why Not?

Juni 10, 2019

Kamu bisa menggabungkan beberapa produk skincare jika ingin praktis dalam penggunaannya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua kandungan skincare aman untuk digabungkan.

Baca lebih banyak

Permasalahan Kulit yang Muncul Akibat Gunakan Skincare Berlebih
Permasalahan Kulit yang Muncul Akibat Gunakan Skincare Berlebih

Mei 24, 2019

Menggunakan skincare berlebihan bisa menimbulkan permasalahan kulit. Masalah kulit yang akan muncul bisa kamu cari tahu di sini.

Baca lebih banyak

4 Masalah Kulit yang Bakal Muncul saat Stres
4 Masalah Kulit yang Bakal Muncul saat Stres

Mei 23, 2019

Saat stress, kulit akan mengalami sejumlah masalah yang berdampak negatif. Masalah kulit yang akan muncul cukup mengganggu penampilanmu.

Baca lebih banyak