Perbedaan BB, CC, DD Cream, dan Tinted Moisturizer

Juli 17, 2019

Perbedaan BB, CC, DD Cream, dan Tinted Moisturizer

Sebagian perempuan yang baru mengenal makeup pasti bingung dengan krim wajah seperti BB, CC, DD cream, dan tinted moisturizer. Keempatnya memiliki fungsi yang hampir mirip, yakni digunakan sebagai base makeup. Sebenarnya, mereka sangat berbeda. Agar tidak salah pakai, kenali perbedaan dari BB, CC, DD cream, dan tinted moisturizer.

BB Cream

BB cream merupakan singkatan dari Beauty Balm atau Blemish Balm Cream yang pertama kali populer di Korea Selatan. Produk ini merupakan alas bedak yang memiliki kandungan all in one, mulai dari serum, pelembab, primer, SPF, anti aging, dan skin shooting formula. Tekstur BB cream lebih ringan dari foundation sehingga cocok digunakan sehari-hari namun lebih pekat dari tinted moisturizer. Fungsinya bisa menyamarkan warna kulit yang tidak rata, namun tidak mampu menutupi noda di wajah. Coverage-nya kisaran light ke medium, tetapi tetap memberikan efek wajah lebih cerah.

Meski BB cream dilengkapi dengan kandungan SPF dan anti aging bukan berarti tidak membutuhkan sunscreen sebagai pelindung dari paparan sinar matahari dan menutupi kerutan wajah. Menurut ahli kimia kosmetik Nikita Wilson, BB cream tidak digunakan sebagai pengganti krim wajah karena kandungan SPF dan anti agingnya tidak sebanyak yang dibutuhkan kulit wajah. Sebaiknya, tetap menggunakan sunscreen dan serum anti aging.

CC Cream

Adalah Color Correcting Cream yang lebih kaya akan kandungan skincare. Fungsinya serupa dengan BB cream, tetapi CC cream dilengkapi dengan vitamin C untuk meratakan, mencerahkan warna kulit, dan menghilangkan noda kemerahan hingga bekas jerawat. CC cream memiliki beberapa warna dengan undertone berbeda-beda untuk menyamarkan kemerahan wajah dan tingkat coverage-nya lebih baik dari BB cream. Menurut dokter kulit asal New York Francesca Fusco, M.D, CC cream mengandung partikel yang mampu mencerahkan, meratakan warna kulit, ditambah antioksidan dalam jumlah besar.

Teksturnya lebih cair daripada BB cream yang memiliki tingkat konsistensi lebih kental. Untuk hasil makeup yang sempurna, kamu bisa menggabungkan BB dan CC cream. Namun, tetap gunakan sunscreen sebelum mengoleskan CC cream.

DD Cream

Disebut dengan dynamic do all atau double duty, karena merupakan kombinasi dari BB dan CC cream plus kandungan anti aging. Fungsinya bisa menyamarkan sekaligus mengatasi garis halus dan kerutan di wajah karena mengandung anti aging.

Tinted Moisturizer

Merupakan pelembab berwarna yang tidak menawarkan coverage maksimal layaknya BB cream atau foundation. Cocok untuk yang ingin makeup ringan dan natural sebagai riasan sehari-hari. Jika ingin menutupi noda wajah, kamu bisa menambahkan concealer.

Jika kamu ingin riasan tebal maka gunakan BB cream. Ingin dapatkan hasil riasan lebih sempurna dengan menyamarkan noda wajah, pilih CC cream. Ingin merias sekaligus merawat kulit dari penuaan, pilih DD cream. Jika ingin tampil makeup ringan dan tampak natural, gunakan tinted moisturizer.




Dan juga Skin Expert

Usia Berapa Wanita Bisa Gunakan Produk Anti Aging?
Usia Berapa Wanita Bisa Gunakan Produk Anti Aging?

November 12, 2019

Beberapa dermatologist mengatakan, usia pertengahan 20-an dibutuhkan produk anti aging. Apa sebabnya?

Baca lebih banyak

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

November 11, 2019

Baca lebih banyak

Sering Naik KRL Bikin Kulit Cepat Tua?
Sering Naik KRL Bikin Kulit Cepat Tua?

November 01, 2019

Kamu anker (anak kereta)?. Waspada, sering naik kereta bikin kulitmu cepat tua.

Baca lebih banyak