Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Maret 14, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, tetapi bisa juga di kulit kepala yang berminyak. Ini terjadi karena kelenjar minyak terlalu aktif dan terkadang dipengaruhi pola makan yang buruk, hormon tidak seimbang, stress, hingga faktor keturunan. Serta, kotoran di kulit kepala dan sisa produk perawatan rambut juga menjadi penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala.

Dokter kulit di New York, dr. Whitney Bowe mengatakan, kombinasi antara kotoran dan minyak yang menyumbat pori ini membuat folikel rambut mengalami pembengkakan. Akhirnya, terinfeksi oleh bakteri jika tak kunjung dibersihkan hingga akhirnya menyebabkan jerawat.

Menurutnya, jerawat di kulit kepala bisa muncul di sepanjang garis rambut dengan berbagai tingkatan. Mulai dari ringan berupa komedo hitam dan putih, sedang seperti papula (jerawat yang meradang dan merah) dan pustula (jerawat dengan ujung putih berisi nanah) yang muncul di permukaan kulit, hingga parah seperti nodul dan kista yang tumbuh di dalam kulit kepala. Jerawat yang parah biasanya menyebabkan kerak menghitam dan meninggalkan bekas luka permanen.

Untuk mengatasi jerawat di kulit kepala, kamu harus menjaga kebersihan agar pori-pori tidak tersumbat. Jangan pernah memencet jerawat yang mucul di kulit kepala karena bisa membuat jerawat menyebar dan mengalami infeksi yang lebih parah. Ada beberapa kandungan produk hair care yang bisa membantumu mengatasi jerawat di kulit kepala, diantaranya:

  • Asam salisilat, membantu menyingkirkan sel kulit mati agar tidak masuk ke pori.
  • Benzoil peroksida, membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes)
  • Tea tree oil, membantu menghilangkan bakteri di kulit kepala.
  • Minyak jojoba, membantu mengurangi peradangan jerawat.
  • Asam glycolic, membantu pengelupasan kulit kepala, mengurangi minyak, dan membunuh bakteri.
  • Ketonacozole atau circlopirox, sebagai antijamur dalam shampoo anti ketombe.

Untuk mencegah jerawat di kulit kepala, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Diantaranya, menggunakan topi atau penutup kepala yang longgar agar ada sirkulasi udara sehingga kulit kepala tidak lembab, keramas setelah olahraga atau keringetan, pakai produk hair care yang tidak menyebabkan alergi, hindari menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut seperti hair spray, gel, dan pomade, mengonsumsi cukup vitamin A, D, dan E untuk menjaga kulit tetap sehat. Rutin keramas dan membersihkan rambut, serta menggunakan produk perawatan rambut yang cocok sesuai kondisi rambut masing-masing.

Produk rekomendasi :




Dan juga Skin Expert

Perbedaan BB, CC, DD Cream, dan Tinted Moisturizer
Perbedaan BB, CC, DD Cream, dan Tinted Moisturizer

Juli 17, 2019

Kenali perbedaan BB, CC, DD cream, dan tinted moisturizer agar tidak salah pilih dalam menentukan base makeup sehari-hari.

Baca lebih banyak

Hindari Pakai Makeup saat Olahraga, Ini Dampaknya
Hindari Pakai Makeup saat Olahraga, Ini Dampaknya

Juli 16, 2019

Usahakan tidak menggunakan makeup saat olahraga, karena kulit wajahmu akan rusak.

Baca lebih banyak

Aloe Vera, Solusi Tepat Atasi Kulit Terbakar Sinar Matahari
Aloe Vera, Solusi Tepat Atasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Juli 04, 2019

Aloe vera dipercaya ampuh mengatasi kulit terbakar sinar matahari, meski belum teruji secara klinis. Kok bisa yah?. Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Baca lebih banyak