Ini Alasan Mengapa Daerah T-zone Berminyak

September 06, 2019

Ini Alasan Mengapa Daerah T-zone Berminyak

Daerah T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu sering kali mengalami minyak berlebih. Berbeda, dengan pipi yang jarang mengalami minyak berlebih. Akibat T-zone lebih sering berminyak maka muncullah kulit kombinasi. Namun, apakah kamu tahu alasan mengapa daerah T-zone lebih sering berminyak dibanding pipi?.

Menurut direktur riset kosmetik dan klini dari Mount Sinai Hospital New York Joshua Zeichner, produksi minyak wajah biasanya meningkat setiap ada perubahan hormon, pola diet, atau stres fisik dan mental. Kelebihan minyak di wajah bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dan penyumbatan pori-pori. Ketika kulit memproduksi minyak berlebih maka minyak terperangkap di antara sel-sel kulit dan menjadi lengket lalu menghalangi follicle (pori tempat tumbuhnya bulu halus di kulit). Ini yang menyebabkan pori tersumbat dan timbul komedo serta jerawat. Untuk mengatasi minyak berlebih di daerah T-zone, kamu perlu melakukan berbagai cara.

Pertama, ubah pola makan karena makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi kondisi kulit. Lakukan diet rendah gula karena makanan manis dapat membuat infeksi dan iritasi wajah jadi meradang dan memerah. Kamu juga harus hindari susu sapi dan susu skim yang dapat timbulkan breakout (jerawat yang tumbuh banyak di satu area wajah).

Kedua, mulailah pakai produk skincare yang mengandung acid. Untuk memerangi jerawat, pilihlah produk cairan toner dengan kandungan salicylic acid karena mampu menghilangkan kelebihan minyak dan mengeksfoliasi kulit mati yang menyumbat pori. Untuk pemilik kulit kombinasi, pakailah produk moisturizer hanya di bagian kulit wajah yang kering. Sementara bagian T-zone cukup dibersihkan dengan toner dan dibubuhi sedikit lotion wajah yang ringan.




Dan juga Skin Expert

Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?
Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?

Desember 23, 2019

Beauty blender harus sering dibersihkan dan diganti berdasarkan masa kadaluarsanya agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Baca lebih banyak

Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan
Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Desember 20, 2019

Saat musim hujan, penyakit kulit akan muncul karena kadar kelembapan udara meningkat.

Baca lebih banyak

3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Desember 20, 2019

Jika kamu mengalami masalah kulit ini, waspada penyakit serius yang mengintai pada tubuhmu.

Baca lebih banyak