Hindari Pakai Makeup saat Olahraga, Ini Dampaknya

Juli 16, 2019

Hindari Pakai Makeup saat Olahraga, Ini Dampaknya

Menggunakan makeup saat olahraga sangat tidak disarankan oleh sejumlah dermatolog. Mengapa?. Sebab, olahraga menyebabkan pembuluh darah membesar, aliran darah semakin kencang ke kulit, dan pori-pori terbuka. Keringat dan bakteri yang terperangkap di bawah lapisan makeup akan membuat kulit sulit melepaskan panas dengan baik.  Bakteri dan keringat yang terperangkap pada pori-pori wajah, lama-kelamaan akan memperlebar pori-pori dan menyebabkan komedo.

Menurut dermatolog asal New York, Rachel Nazarian, MD, panas yang tidak bisa dilepaskan dengan baik akan memicu kondisi sensitif seperti rosacea (kulit memerah yang tidak merata), menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat atau iritasi. Makeup juga menutupi kelenjar minyak. Oleh karenanya, disarankan tidak menggunakan makeup apapun saat olahraga. Mulai dari foundation, eyeliner, maskara, hingga lipstik. Jika tidak sempat menghapus makeup sebelumnya saat olahraga, baiknya juga dijaga dengan menggunakan label “non-comedogenic” atau makeup yang tidak menyumbat pori-pori. Lalu, gunakan bedak tabur setipis mungkin daripada menggunakan produk cair berbasis minyak. Segera cuci wajah dengan pembersih wajah setelah selesai olahraga.

Jika memang ingin menggunakan makeup saat olahraga, pastikan hanya melakukan gerakan ringan yang tidak mengeluarkan banyak keringat. Kamu juga bisa memilih tinted moisturizer ketimbang BB atau CC cream karena lebih ringan. Produk tinted memberikan warna dan menjaga wajah tetap berkilau tanpa menggunakan makeup. 

Menurut dermatolog New York, Debra Jaliman, MD, bagi yang ingin menutupi jerawat atau noda wajah lainnya disarankan menggunakan concealer di area tertentu daripada menggunakan foundation. Namun, semuanya sepakat bahwa harus menghapus makeup secara keseluruhan saat olahraga.




Dan juga Skin Expert

Usia Berapa Wanita Bisa Gunakan Produk Anti Aging?
Usia Berapa Wanita Bisa Gunakan Produk Anti Aging?

November 12, 2019

Beberapa dermatologist mengatakan, usia pertengahan 20-an dibutuhkan produk anti aging. Apa sebabnya?

Baca lebih banyak

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

November 11, 2019

Baca lebih banyak

Sering Naik KRL Bikin Kulit Cepat Tua?
Sering Naik KRL Bikin Kulit Cepat Tua?

November 01, 2019

Kamu anker (anak kereta)?. Waspada, sering naik kereta bikin kulitmu cepat tua.

Baca lebih banyak