Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?

Desember 23, 2019

Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?

Beauty blender menjadi aplikator makeup yang bisa memberikan hasil akhir sempurna dan natural. Sayangnya, pemakaian beauty blender yang tidak tepat justru bisa menimbulkan beberapa risiko kesehatan. 

Baru-baru ini, sebuah penelitian mengklaim bahwa beauty blender dan produk makeup lain bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri mematikan. Penelitian yang dilakukan di Aston University, Inggris itu menunjukkan, sebagian besar produk makeup, seperti beauty blender, maskara, dan lipgloss terkontaminasi superbug (bakteri berbahaya) yang berpotensi mengancam jiwa. 

Menurut pemimpin penelitian, Amreen Bashir, dari Aston University, produk makeup yang digunakan setiap hari oleh jutaan orang di Inggris terkontaminasi superbug yang berpotensi mematikan, seperti E.coli dan Staphylococci. Bakteri tersebut bisa hidup di beberapa alat makeup karena sebagian besar tidak pernah dibersihkan atau digunakan melampaui tanggal kedaluwarsanya. Meskipun sebagian besar jenis E.coli tidak berbahaya, namun beberapa di antaranya bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti diare yang disertai darah, gagal ginjal, infeksi kulit, hingga kematian. Risiko ini kabarnya diperparah pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih rentan tertular infeksi bakteri.

Selain itu, penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Microbiology ini juga menyebut bahwa beauty blender memiliki tingkat kandungan bakteri berbahaya yang paling tinggi. 93 persen penyebabnya karena tidak pernah dibersihkan dan 64 persen sisanya karena jatuh di lantai saat digunakan. Selain itu, para peneliti juga menyebut bahwa beauty blender rentan terkontaminasi karena sering dibiarkan dalam kondisi lembap setelah digunakan. Hal inilah yang kemudian membuat aplikator makeup ini menjadi tempat berkembang biak bakteri yang paling ideal.

Faktor kebersihan yang buruk dalam menggunakan makeup, terutama beauty blender bisa mengkhawatirkan. Dalam penelitian ditemukan bakteri seperti E.coli yang berkembang biak pada produk yang diuji. Para peneliti menyarankan untuk lebih teliti dalam merawat dan menggunakan alat makeup beauty blender. Misalnya, rutin mencuci beauty blender hingga bersih agar bakteri dan jamur tidak tumbuh, lalu menggantinya dalam kurun waktu tiga hingga empat bulan sekali.




Dan juga Skin Expert

Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan
Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Desember 20, 2019

Saat musim hujan, penyakit kulit akan muncul karena kadar kelembapan udara meningkat.

Baca lebih banyak

3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Desember 20, 2019

Jika kamu mengalami masalah kulit ini, waspada penyakit serius yang mengintai pada tubuhmu.

Baca lebih banyak

Manfaat Air Zam-Zam untuk Kecantikan dan Kesehatan
Manfaat Air Zam-Zam untuk Kecantikan dan Kesehatan

Desember 20, 2019

Minum air zam-zam, tidak hanya manfaat kesehatan yang kamu dapat tetapi juga kecantikan kulit.

Baca lebih banyak