Bakteri Bisa Bikin Kulit Sehat? Cari Tahu Di Sini

Desember 11, 2019

Bakteri Bisa Bikin Kulit Sehat? Cari Tahu Di Sini

Selama ini kamu pasti menganggap bahwa bakteri yang bersarang pada kulit, terutama di wajah akan menimbulkan masalah. Faktanya, tidak semua bakteri akan menimbulkan permasalahan. Tanpa bakteri dari luar, kulit kita sebenarnya sudah memiliki jutaan bakteri yang bersarang di kulit. Kulit memiliki banyak microorganisme yang disebut microbiome dan berperan menjaga kulit tetap terhidrasi dan glowing.

Microbiome merupakan segerombolan mikroorganisme hidup yang sebagian besar merupakan bakteri tapi juga terdiri dari jamur, virus, serta tungau. Mereka bertugas menjaga dan membuat barrier pada kulit tetap berfungsi. Microbiome akan membuat kulit lebih baik, selama kadarnya seimbang.

Menurut celebrity dermatologist asal AS Dr.Anna Guanche, jika Microbiome tidak seimbang maka akan memicu jerawat, dermatitis atopik, peradangan kulit, dan iritasi. Kunci dari kulit sehat sebenarnya bukanlah bebas bakteri, tapi memiliki kadar bakteri (microbiome) yang seimbang.

Lalu, bagaimana cara Microbiome bisa tetap seimbang? Dengan cara menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan sulfat agar microbiome tetap seimbang. Hindari menggosok terlalu keras, menggunakan pembersih wajah yang kasar, dan waxing. Tiga kebiasaan ini dapat merusak microbiome.

Selain microbiome, ada pula mikroflora yang menjaga lingkungan pencernaan (usus). Namun, mikroflora sebenarnya tidak hanya ada di saluran pencernaan tapi juga ada di setiap permukaan tubuh manusia mulai dari rambut hingga lipatan kuku. Peran mikroflora berperan penting untuk kulit wajah.

Para ahli meneliti efek keseimbangan mikroflora pada permukaan kulit, terutama kulit wajah. Keseimbangan mikroflora pada kulit dapat mencegah penuaan dini, kulit sensitif, dan dehidrasi. Kondisi jelek dan perawatan salah dari produk kosmetik berbahan keras bisa membuat kulit kehilangan mikroflora sehingga kulit menjadi sensitif, mudah berjerawat, dan juga terkena berbagai masalah kulit.




Dan juga Skin Expert

Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?
Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?

Desember 23, 2019

Beauty blender harus sering dibersihkan dan diganti berdasarkan masa kadaluarsanya agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Baca lebih banyak

Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan
Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Desember 20, 2019

Saat musim hujan, penyakit kulit akan muncul karena kadar kelembapan udara meningkat.

Baca lebih banyak

3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Desember 20, 2019

Jika kamu mengalami masalah kulit ini, waspada penyakit serius yang mengintai pada tubuhmu.

Baca lebih banyak