Ask Dr. Ruri : Mengenal Produk Clean Beauty

Juni 24, 2019

Ask Dr. Ruri : Mengenal Produk Clean Beauty

Bagaimana ciri produk skin care yang clean beauty?
          Sampai saat ini belum ada kesepakatan/sertifikasi resmi yang mengatur regulasi seperti apakah suatu produk skin care memang betul-betul dikatakan suatu produk yang sesuai dengan prinsip “clean beauty”. Namun umumnya clean beauty products akan mencantumkan keterangan dalam kemasannya bahwa produknya bebas dari berbagai ingredients berbahaya misalnya phthalates, silicon, gluten, acetaldehyde, ethanolamines, parabens, pewarna sintetik, dsb. Selain itu biasanya dicantumkan juga bahwa produk mereka cruelty free, eco-friendly, dsb.

Apakah semua produk natural/alami itu sudah pasti clean beauty?
          Produk dengan klaim natural/alami belum tentu merupakan produk yang clean beauty. Produk alami umumnya hanya menggunakan bahan-bahan yang bebas kimiawi sintetik (sudah ada sertifikasi untuk natural products), namun belum tentu mereka menganut konsep clean beauty. Konsep clean beauty lebih mendalam daripada sekedar ingredients alami saja, dan harus diketahui juga bahwa produk yang “alamiah” biasanya bersifat sensitizer kuat, artinya risiko untuk menyebabkan iritasi lebih besar bagi individu yang memiliki tipe kulit sensitif.

Mengapa produk dengan ciri clean beauty lebih mahal daripada produk lainnya?
          Karena umumnya produk clean beauty sedikit/tidak menggunakan pengawet sintetis yang ekonomis, namun menggunakan pengawet yang lebih alamiah yang tidak beresiko merusak kesehatan dan pengolahan dengan cara seperti itu biasanya membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Bagaimana cara untuk memulai pola clean beauty? Apa langkah awalnya?
          Mulailah dengan memahami terlebih dahulu mengapa harus memilih/menjalani/mengonsumsi produk-produk yang “Clean” untuk menjadi “Cantik”. Pahami resiko kesehatan yang bisa timbul bila terus menerus menggunakan produk kimia sintetis yang merugikan kesehatan. Selain itu apa dampaknya terhadap lingkungan bila kita terus menerus menggunakan/memilih produk yang merusak lingkungan & membahayakan makhluk hidup lain. Kesadaran itu harus kita pahami dan rasakan terlebih dahulu dan merupakan langkah awal penting untuk memulai dan menjalani konsep clean beauty. Jadi bukan hanya sekedar ikut-ikutan tren saja dan supaya dianggap keren, karena sekedar cantik saja tidak cukup, kita harus sehat dan juga positif. If you feel good, then you look good.



Dan juga Skin Expert

Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?
Beauty Blender Jadi Tempat Berkembang Biak Bakteri?

Desember 23, 2019

Beauty blender harus sering dibersihkan dan diganti berdasarkan masa kadaluarsanya agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Baca lebih banyak

Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan
Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Desember 20, 2019

Saat musim hujan, penyakit kulit akan muncul karena kadar kelembapan udara meningkat.

Baca lebih banyak

3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
3 Masalah Kulit yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Desember 20, 2019

Jika kamu mengalami masalah kulit ini, waspada penyakit serius yang mengintai pada tubuhmu.

Baca lebih banyak