Tips Memilih Suplemen Vitamin untuk Puasa

Mei 03, 2019

Tips Memilih Suplemen Vitamin untuk Puasa

Saat berpuasa, mengonsumsi suplemen tergantung dari kebutuhan tubuh masing-masing. Jika makanan sudah memenuhi asupan tubuh, maka suplemen tidak lagi diperlukan. Sebaliknya, jika asupan makanan tidak memenuhi kebutuhan tubuh maka kamu perlu mengonsumsi suplemen. Jika memang dirasa perlu konsumsi suplemen maka ada tips untuk memilihnya karena tidak bisa dikonsumsi sembarangan.

Lihat label di kemasan

Ketika memiliih suplemen, baiknya lihat lebih dulu bahan kandungan, jumlah bahan yang terkandung per sajian, hingga bahan tambahan lainnya seperti penambah rasa, zat pengikat, dan lainnya. Jumlah sajian harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan masing-masing berdasar petunjuk dokter.

Keamanan dan risiko

Pastikan aman dan tanpa memberi efek samping ketika memilih suplemen. Banyak suplemen yang memberi efek samping. Waspada akan efek samping yang bisa timbul akibat penyakit tertentu. Mengonsumsi suplemen dalam jumlah berlebih bisa berisiko untuk kesehatan. Misalnya, terlalu banyak konsumsi suplemen vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala, kerusakan hati, dan menurunkan kekuatan tulang. Ada beberapa suplemen yang juga berinteraksi dengan obat lainnya dapat menyebabkan bahaya.

Kualitas

Pastikan kualitas suplemen yang kamu pilih baik dan sesuai standar Indonesia. Misalnya, terdaftar BPOM atau ada logo halal MUI. Kedua label tersebut menjamin bahwa produk tersebut terbebas dari bahan berbahaya bagi kesehatan.

Efektivitas

Dari sekian banyak pertimbangan, yang perlu kamu ketahui adalah efektivitas dari suplemen tersebut. Apakah benar bermanfaat untuh tubuh kamu. Mengonsumsi suplemen sehari-hari hanya untuk beberapa orang seperti memiliki penyakit tertentu, pemilih makanan, atau yang mengalami kekurangan zat gizi. Bagaimanapun, suplemen tidak dapat menggantikan zat gizi yang ada di dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, gandum, serta makanan mengandung lemak baik.




Dan juga News & Event

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak

Keuntungan Memiliki Wajah Berminyak
Keuntungan Memiliki Wajah Berminyak

September 14, 2019

Memiliki kulit wajah berminyak tidak selalu buruk dan menimbulkan masalah. Ada juga keuntungan yang kamu dapatkan jika kulitmu berminyak.

Baca lebih banyak

5 Tanda Masalah Kesehatan dari Rambut Rontok
5 Tanda Masalah Kesehatan dari Rambut Rontok

September 13, 2019

Jika kamu memiliki masalah rambut rontok bisa jadi karena terkena sejumlah penyakit ini. Waspadalah dari sekarang.

Baca lebih banyak