Tips jaga asupan makanan selama puasa

Mei 09, 2019

Tips jaga asupan makanan selama puasa

Selama puasa ramadan, tubuh mengalami perubahan metabolisme karena mengubah jadwal dan pola makan. Seseorang menahan haus dan lapar kurang lebih 14 jam selama 30 hari. Oleh karenanya, kamu harus memerhatikan pengaturan asupan makan selama puasa. Kamu perlu mengonsumsi 50 persen dari kebutuhan energi sehari-hari. 10 persen dari makanan ringan dan 40 persen makanan utama. Lalu, bagaimana cara menjaga asupan makanan selama puasa?

Makan buka puasa

Ketika berbuka puasa jangan menjadikan ajang balas dendam untuk mengonsumsi makanan. Saat berbuka puasa, hindari makanan terlalu manis, berlemak tinggi (gorengan), dan terlalu pedas atau asam. Sebab, makanan tersebut dapat menimbulkan gangguan lambung. Usahakan makan makanan karbohidrat yang dapat diserap cepat oleh tubuh seperti kurma, buah potong, atau agar-agar. Setelah magrib, usahakan makan besar dalam satu porsi piring terdiri dari ⅔ karbohidrat, ⅓ lauk pauk, ⅔ sayuran, dan ⅓ buah-buahan. Sebaiknya makan malam ini dilakukan setelah maghrib atau sebelum tarawih.

Lanjutkan dengan mengonsumsi makanan ringan setelah tarawih. Jangan lupa untuk minum setelah adzan magrib, setelah salat maghrib, sebelum salat isya, setelah salat tarawih masing-masing satu gelas, dan dua gelas sebelum tidur untuk terhindar dari dehidrasi. Serta, jangan lupa untuk menjaga kebugaran dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30-45 menit setelah berbuka puasa.

Makan sahur

Saat sahur, sebaiknya jangan makan makanan rendah serat seperti mie karena akan membuat cepat lapar dan hindari makanan asin karena akan menimbulkan rasa haus. Makanan yang perlu dikonsumsi serupa dengan makan saat berbuka puasa. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti, gandum, oatmeal, sereal berserat tinggi, nasi merah. Konsumsi ini sedekat mungkin dengan subuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah, sayuran, dan protein.

Minumlah air putih sebanyak dua gelas saat sahur dan setelah makan sahur. Hindari minuman berkafein, soda, teh, dan kopi karena sifatnya diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine sehingga menaikkan frekuensi buang air kecil.




Dan juga News & Event

5 Manfaat Rumput Laut yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan
5 Manfaat Rumput Laut yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

November 19, 2019

Rumput laut ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca lebih banyak

Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury
Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury

November 07, 2019

Siapa sangka, Cheryl Raissa yang seorang beauty influencer ternyata punya pengalaman pakai skincare mengandung mercury. Seperti apa kisahnya?.

Baca lebih banyak

Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog
Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog

November 06, 2019

Merawat kulit terdengar simple, cukup pakai skincare. Tapi, sebenarnya ada banyak hal perlu diperhatikan dalam merawat kulit. Yuk, cari tahu dengan ahlinya.

Baca lebih banyak