Populer Jadi Kandungan Skincare, Ini Manfaat Centella Asiatica

Juli 02, 2019

Populer Jadi Kandungan Skincare, Ini Manfaat Centella Asiatica

Centella asiatica yang merupakan bahan alami dari tumbuhan biasa dikenal sebagai pegagan. Tanaman dari keluarga Apiaceae telah digunakan selama hampir 3.000 tahun untuk penyembuhan luka. Pasalnya, harimau dipercaya menggosok luka mereka dengan tanaman untuk membantu penyembuhan luka. 

Centella asiatica banyak tumbuh di Asia, Afrika, India, dan Amerika Tengah itu mulai populer menjadi kandungan utama untuk produk skincare. Tanaman ini dikembangkan sejumlah brand skincare untuk mengatasi masalah kemerahan dan sensitivitas kulit. Selain itu, kandungan kaya anti inflamasi, antioksidan, dan antibakteri ini dapat melawan radikal bebas, mengatur sintesis kolagen, dan mencegah kerusakan kulit dari stresor lingkungan. Cocok untuk mengatasi jerawat, rosacea, bahkan kulit kering yang parah. Waktu terbaik untuk menggunakan skincare ini adalah malam hari karena kulit butuh waktu memperbaiki dirinya. Untuk lengkapnya, kamu perlu tahu manfaat apa saja yang sebenarnya ada dalam kandungan centella asiatica ini:

1. Meningkatkan kelembapan kulit

Sebuah studi ilmiah mengunkapkan penggunaan produk skincare yang mengandung formula 5 persen ekstrak centella asiatica dalam empat minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan moisture barrier sebesar 25 persen. Efeknya hampir serupa dengan lidah buaya atau aloe vera.

2. Mengurangi sensitivitas kulit terhadap iritasi

Centella asiatica diketahui mengandung zat anti inflamasi yang dapat melindungi kulit dan mengurangi sensitivitas kulit dapat menyebabkan iritasi. Kandungan antiinflamasi dan antioksidan dalam pegagan  dapat mengurangi kemerahan kulit (erythema), mengembalikan tingkat kelembapan kulit ke level pH yang optimal.

3. Anti aging

Ekstrak centella asiatica juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas serta kekenyalan kulit karena mengandung senyawa madecassoside.

4. Atasi jerawat

Centella asiatica atau dikenal dengan cica juga ampuh merawat kulit berjerawat dan mencegah terjadinya bekas jerawat.




Dan juga News & Event

Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit
Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit

Desember 19, 2019

Buah emu apple, salah satu tren kandungan skincare terbaru saat ini. Fungsinya, bisa membuat kulitmu tampak awet muda.

Baca lebih banyak

5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu
5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu

Desember 16, 2019

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga loh mitos tentang toner. Mitos, ini perlu kamu tahu agar tidak salah.

Baca lebih banyak

4 Tips Memilih Suplemen Vitamin
4 Tips Memilih Suplemen Vitamin

Desember 13, 2019

Memilih suplemen itu tidak bisa sembarangan, tetapi ada triknya. Tak hanya disesuaikan tubuh tapi juga harus aman dikonsumsi dan lainnya.

Baca lebih banyak