Masalah Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Juli 18, 2019

Masalah Kulit yang Muncul saat Musim Hujan

Tidak hanya musim panas yang bisa memicu masalah kulit akibat paparan sinar matahari berlebih. Saat musim hujan pun, tubuh lebih rentan terkena kotoran dan bakteri yang menyebabkan masalah kulit. Masalah kulit yang sering muncul saat musim hujan adalah :

1. Hiperpigmentasi

Musim hujan bukan berarti aman dari paparan sinar matahari. Memang kulit tidak terpapar matahari secara langsung, tapi sinarnya tetap menembus kulit sehingga membuat warna kulit tidak merata. Akibatnya, bisa menyebab kulit mengalami hiperpigmentasi atau muncul flek hitam di wajah. Kamu tetap harus melakukan perawatan kulit saat musim hujan. Serta, hindari paparan sinar matahari berlebih.

2. Jerawat

Cuaca yang lembab saat musim hujan memicu produksi minyak berlebih. Ini dapat menimbulkan atau memperparah risiko jerawat beberapa orang. Gunakan air hangat dan pembersih wajah yang ringan untuk mencegahnya. Jangan gosok atau eksfoliasi terlalu berlebihan karena dapat merusak wajah.

3. Eksim

Eksim merupakan penyakit keturunan dan tidak menular, namun akan kambuh saat musim hujan. Kulit terlalu kering menahan serangan bakteri dan kotoran memungkinkan memicu ruam di kulit. Biasanya reaksi yang muncul adalah rasa gatal, kemerahan, peradangan, kulit tampak kasar, pecah-pecah, hingga seperti melepuh. Orang yang memiliki eksim atau kulit sensitif harus memerhatikan kebersihan diri, hindari penggunaan sabun yang keras, kulit harus selalu lembab, dan langsung ganti pakaian jika basah. Sebab, eksim dapat kambuh karena pakaian yang basah dan kotor.

4. Jamur pada kaki

Musim hujab berisiko sepatu basah yang berpotensi tumbuh jamur di kaki. Segera ganti jika kaus kaki basah. Lalu rendam kaki dengan air garam selama beberapa menit.

5. Infeksi kuku

Dapat terjadi akibat kelembapan yang meningkat saat musim hujan. Tanda dan gejalanya adalah kuku mengalami perubahan warna, tampak rapuh, dan kasar. Kadang dapat menyebabkan kulit di sekitarnya mengalami kemerahan, gatal, dan bengkak. Untuk mencegahnya, jaga kebersihan tandan dan kaki.

6. Biang keringat

Masalah kulit ini disebabkan keringat berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu iritasi kulit. Biasanya muncul saat musim panas, tapi bisa juga dialami saat musim hujan karena kelembapan yang meningkat. Kamu bisa menggunakan pakaian berbahan katun dan menjaga kulit tetap kering agar terhindar dari biang keringat. Perhatikan juga ruangan yang minim ventilasi karena memudahkan tubuh berkeringat. Mandi secara teratur, apalagi jika terkena hujan karena dapat mencegah masalah kulit.

7. Alergi kulit

Musim hujan rentan bakteri dan kotoran sehingga memicu alergi kulit. Untuk mengatasinya, pastikan kulit tetap kering dan memiliki obat alergi dari dokter untuk dikonsumsi.




Dan juga News & Event

Allyoung Muslima Mencari Squad
Allyoung Muslima Mencari Squad

Agustus 19, 2019

Jika kamu adalah wanita Muslim, tertarik dunia kecantikan, dan ingin menjadi beauty influener sesungguhnya maka jangan ragu untuk mengikuti pencarian Allyoung Muslima Squad 2019.

Baca lebih banyak

Ingin Jadi Influencer? Begini Caranya
Ingin Jadi Influencer? Begini Caranya

Agustus 12, 2019

Bukan hanya followers banyak, kamu bisa jadi influencer. Tapi, lebih dari itu. Simak tipsnya.

Baca lebih banyak

Kisah Sukses Delmira Prabu menjadi Beauty Influncer
Kisah Sukses Delmira Prabu menjadi Beauty Influncer

Agustus 12, 2019

Menjadi sukses pasti tak terlepas dari masa sulit yang dihadapi. Ini perjalanan meraih sukses Delmira Prabu menjadi beauty influencer.

Baca lebih banyak