Konsumsi Mentimun Tiap Hari, Ini Manfaat yang Kamu Dapatkan

Agustus 07, 2019

Konsumsi Mentimun Tiap Hari, Ini Manfaat yang Kamu Dapatkan

Mentimun, salah satu sayuran yang mengandung vitamin C dan kaya akan serat serta air sebesar 95 persen. Mentimun menjadi bahan yang baik untuk kecantikan kulit karena bisa melembabkan serta aman bagi kulit sensitif agar terhindar dari iritasi. Tak hanya itu, fungsinya juga bisa sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan sinar matahari, menutrisi kulit, mendinginkan kulit, hingga mengurangi pembengkakan. Lalu, apa jadinya jika mentimun dikonsumsi setiap hari?. Tidak hanya baik untuk kecantikan, tetapi juga untuk kesehatan.

1. Membuat kulit lembut dan bercahaya

Kandungan vitamin B seperti niasin dan riboflavin, vitamin C serta seng (mineral) pada mentimun bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mentimun juga mengandung asam caffeic yang melawan iritasi dan peradangan kulit. Nutrisi dalam mentimun juga mencegah tanpa penuaan dini.

2. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok bisa diatasi dengan mentimun berkat kandungan biotin, riboflavin, niasin, vitamin B5, B6, dan C yang penting untuk pertumbuhan rambut. Sehingga, mentimun bagus untuk mencegah rambut rontok dan beruban.

3. Turunkan berat badan

Mentimun membantu mengontrol asupan makanan berlebih karena mengandung air yang tinggi sehingga dapat merasa kenyang lebih cepat. Mentimun bebas dari lemak dan rendah kalori, jadi baik untuk program diet atau menurunkan berat badan.

4. Baik untuk pencernaan

Mentimun mengandung serat dan sejumlah air yang bagus untuk pencernaan. Vitamin dalam mentimun juga bermanfaat meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

5. Mencegah penyakit neurologis

Fisetin yang terkandung dalam mentimun memiliki manfaat bagi kesehatan otak. Mentimun juga mengandung fosfor untuk mengurangi risiko penyakit kognitif. Jadi, makan mentimun bermanfaat bagi otak dan membuat lebih fokus.

6. Mengurangi risiko kanker

Fisetin, flavonid, sifat antioksidan, anti inflamasi dianggap dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu.

7. Tingkatkan kesehatan kardiovaskular

Nutrisi seperti kalium, magnesium, dan vitamin K sangat penting untuk sistem kardiovaskular. Vitamin K berperan dalam pembekuan darah dan pengaturan kadar kalsium dalam darah. Magnesium dan kalium mengontrol tekanan darah tinggi. Mengonsumsi mentimun secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

8. Bagus untuk tulang dan gigi

Mentimun mengandung vitamin K dan kalsium penting untuk menguatkan tulang. Vitamin K bermanfaat mengurangi risiko patah tulang dan berperan penting dalam penyerapan kalsium dalam tulang. Mentimun mengandung molibdenum dan flourida yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan gigi dan membuatnya lebih kuat.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak