Kenali Perbedaan SPF dan PA dalam Produk Perlindungan Kulit

Juni 24, 2019

Kenali Perbedaan SPF dan PA dalam Produk Perlindungan Kulit

Ketika kamu membeli skincare seperti sunscreen ataupun produk perawatan kulit lainnya yang berperan melindungi kulit dari sinar matahari pasti tertulis SPF dan PA. Nah, apakah kamu tahu kedua istilah skincare tersebut?. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Lantas, apa perbedaan antara SPF dan PA?. Yuk, cari tahu perbedaannya.

Sebelum membahas tentang perbedaan SPF dan PA, baiknya kamu mengenal dua tipe sinar matahari ini lebih dulu yakni UVA dan UVB,. UVA artinya sinar matahari yang dapat menyebabkan “Aging” atau penuaan, sedangkan B artinya “Burning” atau terbakar. Oleh karenanya, kamu membutuhkan produk perawatan kulit yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

SPF

SPF (Sun Protection Factor) berguna melindungi terhadap sinar UV B. SPF dalam sebuah produk adalah sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari. Angka SPF sendiri menjadi indikasi atau penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama pemakaian. Semakin tinggi angka SPF artinya produk tersebut mampu memberi perlindungan dari risiko kerusakan kulit jangka panjang seperti kanker kulit. Tingkat SPF tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak menyediakan 100 persen proteksi dari risiko kulit gelap.

Berbeda, jika tingkat SPFnya kecil maka harus lebih sering mengaplikasikan ulang agar tidak menyebabkan kulit gelap dan terbakar. Terlebih, sunscreen mudah luntur terkena air, keringat, atau selesai berenang. Jika kamu menggunakan SPF 10 artinya bisa melindungi kulit selama 150 menit (10x15 menit) sama dengan 2,5 jam. Sedangkan, SPF 30 bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari selama 300 menit atau 5 jam. Dan seterusnya jika kamu termasuk orang yang mudah terbakar kulitnya dalam 10 menit.

Untuk proteski dari masing-masing SPF adalah:

SPF 15 memiliki kemampuan proteksi 93,3 persen terhadap sinar UVA/UVB

SPF 30 kemampuan proteksinya 96,7 persen terhadap UVA/UVB

SPF 50 kemampuan proteksinya 98 persen terhadap sinar UVA/UVB

Serta, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen atau skincare lainnya yang berperan melindungi kulit saat 10-15 menit sebelum ke luar ruangan atau memulai aktivitas. Itu menjadi waktu terbaik dalam menggunakan skincare perlindungan kulit. Ulangi pemakaian skincarenya sesuai dengan kadar SPF yang digunakan.

PA

Dalam produk sunscreen, biasanya terdapat inisial SPF PA ++++. PA (Protection Grade of UVA) berfungsi menghambat timbulnya flek pada kulit akibat sinar UVA dan UVB. Ketahanan PA dalam melindungi kulit dari sinar matahari biasanya diindikasikan dengan jumlah banyak plus (+). Semakin tinggi tanda plusnya maka perlindungan dari sinar matahari makin baik. Perlindungan terbaik adalah yang memiliki PA dengan jumlah +4. Kamu bisa menggunakan produk perlindungan kulit dengan SPF30/PA++++ untuk yang berada di dalam ruangan. Sedangkan, yang sering terpapar sinar matahari langsung seperti berjemur atau main ke pantai bisa menggunakan produk perlindungan kulit dengan SPF50/PA++++.

Produk rekomendasi :




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak