Kenali Perbedaan Kulit Sensitif dan Alergi

Juli 07, 2019

Kenali Perbedaan Kulit Sensitif dan Alergi

Timbulnya reaksi kulit negatif atau bermasalah dari pemakaian produk atau obat biasanya disebabkan karena ketidakcocokan. Ini bisa dikarenakan kulitmu sensitif atau mengalami alergi. Reaksi kulit yang dihasilkan dari kulit sensitif dan alergi terkadang sukar untuk dikenali perbedaannya. Sebab, keduanya sama-sama memberikan efek kemerahan, iritasi, hingga peradangan.

Kulit sensitif adalah reaksi terhadap suatu zat yang terpapar pada kulit secara berlebihan sehingga menyebabkan efek samping. Misalnya, produk skincare mengandung pencerah wajah yang dosisnya terlalu tinggi sehingga mengalami iritasi. Kondisi ini tidak melibatkan respons imun secara langsung yang ditandai dengan adanya pelepasan antibodi seperti alergi. Kulit sensitif biasanya hanya muncul di area kulit yang terkontak dengan suatu produk.

Alergi pada dasarnya adalah reaksi abnormal yang ditunjukkan oleh seseorang terhadap suatu zat yang biasanya tidak menyebabkan reaksi pada kebanyakan orang lain. Alergi biasanya dari tanaman, wewangian, kosmetik, dan logam seperti perhiasan. Reaksi alergi dapat menyebabkan gejala permukaan kulit muncul di berbagai area tubuh.

Sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dan melepaskan antibodi yang disebut dengan Immunoglobulin E (IgE). Antibodi ini bermigrasi ke sel tubuh dan menyebabkan pelepasan bahan kimia inflamasi yang disebut histamin. Respons histamin ini yang menghasilkan gejala alergi seperti kemerahan, bengkak, gatal, batuk, mata berair, dan reaksi lainnya di beberapa bagian tubuh dalam waktu yang lama.

Umumnya, gejala alergi akan memburuk jika terjadi lagi di kemudian hari. Gejala alergi biasa dikaitkan dengan gejala dermatologis seperti eksim dan gatal-gatal, masalah pernapasan, dan syok. Gejala ini dapat muncul segera atau dalam beberapa jam, tergantung pada jenis dan beratnya respons sistem kekebalan tubuh.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit alergi dan sensitif?. Baiknya lakukan tes tempel atau patch test sebelum menggunakan suatu produk. Kulit sensitif gunakan produk kecantikan yang lembut dan dibuat khusus untuk jenis kulitnya serta diformulasikan dengan bahan anti-iritasi. Dalam produk kosmetik, kamu bisa menghindari bahan atau kandungan pada sunscreen seperti octinoxate, benzophenones, dan oxybenzone. Produk pembersih yang mengandung sulfa kuat seperti sodium lauryl sulfate (SLS), bahan pengawet (paraben), hingga parfum. Untuk kulit sensitif, juga hindari paparan sinar matahari yang terlalu ekstrem karena bisa memperburuk kulitnya.




Dan juga News & Event

Skintelligent Bantu Kamu Kenali Tipe dan Masalah Kulit secara Akurat
Skintelligent Bantu Kamu Kenali Tipe dan Masalah Kulit secara Akurat

Oktober 08, 2020

Skintelligent.id, quesioner yang dapat membantumu dalam mengenali tipe dan masalah kulit secara akurat.

Baca lebih banyak

Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit
Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit

Desember 19, 2019

Buah emu apple, salah satu tren kandungan skincare terbaru saat ini. Fungsinya, bisa membuat kulitmu tampak awet muda.

Baca lebih banyak

5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu
5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu

Desember 16, 2019

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga loh mitos tentang toner. Mitos, ini perlu kamu tahu agar tidak salah.

Baca lebih banyak