Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sering Mengantuk saat Puasa

April 25, 2019

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sering Mengantuk saat Puasa

Saat puasa, orang akan merasa cepat mengantuk dan lelah. Pada siang hari, biasanya menjadi jam-jam rawan mereka terasa ngantuk. Ini disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian alias jam biologis tubuh. Ritme sirkadian adalah jadwal kerja berbagai sistem serta organ tubuh manusia. Misalnya, organ tubuh yang harus bekerja saat ini dan harus beristirahat dalam rentang waktu tertentu.

Ritme sirkadian yang mengatur siklus bangun-tidur manusia ini diatur oleh saraf hipotalamus yang berada di otak manusia. Berbagai penelitian menunjukkan tubuh memerlukan tidur agar tetap sehat dan menjaga fungsi fisik dan sosial. Karena itu pola tidur dihubungkan dengan bagaimana performa seseorang di siang hari. Sebenarnya bukan hanya itu saja yang menyebabkan seseorang akan sering mengantuk saat puasa. Kenali penyebab dan cara mengatasi akibat sering mengantuk saat puasa.

Penyebab:

Perubahan jam tidur

Jadwal tidur akan berkurang drastis saat puasa. Biasa tidur pukul 9 malam dan bangun jam 5 pagi, tetapi di bulan puasa harus bangun jam 3 pagi untuk sahur. Berkurangnya jatah tidur inilah yang membuat orang akan sering mengantuk saat puasa.

Kurangnya kadar glukosa dalam tubuh

Berkurangnya kadar glukosa dalam darah membuat otak sulit berkonsentrasi. Otak juga mendapat energi dalam bentuk glukosa, sehingga jika aliran glukosa ke jaringan otak berkurang akan memengaruhi sistem kerjanya. Otak mengonsumsi 60 persen asupan glukosa tubuh. Apabila energi dihasilkan makanan sudah menipis, maka organ hati akan mengeluarkan cadangan glikogen untuk menambah energi. Jika tubuh tidak memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan, maka tubuh menjadi lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi inilah yang membuat kita mengantuk.

Kekurangan zat besi dan asupan mineral

Kekurangan zat besi membuat tubuh menjadi mudah lelah dan kurang bergairah seperti mengalami anemia. Saat berpuasa, asupan mineral dalam tubuh umumnya juga akan berkurang sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi. Dehirasi ini yang membuat tubuh lemas tak bertenaga.

Cara Mengatasinya:

Jika ada penyebab seseorang sering mengantuk saat puasa, lalu bagaimana solusi atau cara mengatasi agar tidak menjadi kantuk berlebih?. Kamu bisa lakukan beberapa hal ini, Ladies:

Cuci muka

Cara paling instan untuk membuat mata melek adalah dengan mencuci muka, selain berwudhu saat akan solat. Segarnya air ketika menyentuh kulit membuat tubuh menjadi lebih segar sedikit.

Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks akan menahan glikogen lebih lama untuk menghasilkan glukosa. Dengan begitu, kadar glukosa dalam darah tetap terpenuhi dan tubuh tetap segar. Beras merah, ubi, jagung, singkong, oatmeal, dan roti gandum adalah karbohidrat kompleks yang pas disantap saat sahur.

Perbanyak konsumsi zat besi

Saat sahur, kamu bisa memperbanyak konsumsi zat besi seperti sayur hijau, kacang-kacangan, dan teri. Asupan ini akan memberimu tenaga di siang hari, sehingga tidak lagi sering mengantuk.

Atur jam tidur

Solusi untuk menghidari kantuk siang hari adalah mengatur jam tidur. Saat puasa, seseorang kadang memforsir kegiatan di malam hari ketika sudah berbuka. Hal ini akan menyebabkan kita tidur malam dair biasanya. Sementara, dini hari harus bangun kembali untuk sahur.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak