Kapan Alat Makeup Harus Diganti? Kenali Tanda-tandanya

Juni 20, 2019

Kapan Alat Makeup Harus Diganti? Kenali Tanda-tandanya

Tidak hanya produk makeup seperti eyeliner, lipstik atau pelembap wajah saja yang perlu diganti secara rutin, tapi alat makeup berupa kuas, sponge, hingga spons perlu diganti juga. Walau tidak punya tanggal kedaluwarsa, kuas makeup yang sudah tidak layak pakai dapat memicu timbulnya bakteri juga membuat hasil rias wajah menjadi kurang sempurna. Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan harus membuang kuas makeup?. Cari tahu tanda-tandanya di bawah ini. Jika ada satu tanda yang kamu temukan, pertimbangkan untuk mengganti kuas makeup lama dengan kuas makeup baru.

1. Helai kuas mengalami kerontokan

Bulu kuas sering rontok dan menempel pada wajah dan juga pada produk makeup? Jika ya, saatnya ganti kuas makeup. Kuas makeup yang terus-menerus rontok menandakan bahwa kuas yang digunakan sudah terlampau lama dan lem yang digunakan sudah mulai memudar.

2. Kuas makeup sulit dibersihkan

Kuas makeup yang jarang dibersihkan bisa kotor secara permanen. Memang tak jarang sebagian wanita membersihkan kuas makeup sebulan sekali, atau bahkan lebih lama dari itu.  Tapi jika dibiarkan terlalu lama, sisa produk makeup dapat menempel pada aplikator dan jadi sulit untuk dibersihkan. Coba perhatikan kuas setelah membersihkan kuas makeup, apakah masih kotor atau ada sisa-sisa produk makeup yang menempel pada helaiannya?. Jika iya, artinya perlu diganti.

3. Bentuk sudah tidak seperti semula

Menggunakan alat makeup yang sama setiap hari berpotensi membuat bentuknya berubah dan tidak sama seperti semula. Kalau sudah menggunakan alat makeup yang sulit dikembalikan seperti semula, ini artinya perlu mengganti kuas makeup. Memakai alat makeup yang bentuknya sudah rusak bisa memberi hasil pulasan makeup yang kurang merata dan tidak sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

4. Gagang kuas yang patah

Beberapa kuas didesain dengan bentuk dan panjang gagang untuk memudahkan kita mengaplikasikan produk makeup. Namun, jangan sepelekan kuas yang gagangnya patah. Kuas yang gagangnya patah sudah pasti sulit dipegang dan lebih sulit digunakan untuk mendistribusikan produk makeup dengan maksimal. Belum lagi kalau sampai ada kuman dan bakteri yang masuk dari patahan gagang dan bersarang di pangkal helaian kuas. Jangan sampai timbul berbagai masalah pada kulit karena belum mengganti kuas makeup.

5. Sponge Berjamur

Makeup sponge memang memudahkan dalam pengaplikasian makeup, namun kamu perlu perhatikan umur sponge ini ya. Pasalnya, makeup sponge biasanya hanya dapat bertahan selama tiga bulan. Kalau memang kamu rutin membersihkannya, maka bisa saja makeup sponge memiliki umur lebih dari tiga bulan. Meski begitu, kamu perlu memerhatikan apa ada bintik hitam atau noda yang tak bisa hilang pada sponge. Bisa jadi, ini lah tanda bahwa spongemu berjamur dan perlu diganti.




Dan juga News & Event

Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury
Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury

November 07, 2019

Siapa sangka, Cheryl Raissa yang seorang beauty influencer ternyata punya pengalaman pakai skincare mengandung mercury. Seperti apa kisahnya?.

Baca lebih banyak

Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog
Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog

November 06, 2019

Merawat kulit terdengar simple, cukup pakai skincare. Tapi, sebenarnya ada banyak hal perlu diperhatikan dalam merawat kulit. Yuk, cari tahu dengan ahlinya.

Baca lebih banyak

Kehebohan Training Allyoung Muslima Squad 2019
Kehebohan Training Allyoung Muslima Squad 2019

November 04, 2019

AMS 2019 terlihat antusias dengan training beauty ini. Mereka sangat aktif bertanya untuk mengetahui seputar dunia kecantikan dan content creator.

Baca lebih banyak