Jerawat Muncul saat Menstruasi? Ini Jawabannya

Juli 23, 2019

Jerawat Muncul saat Menstruasi? Ini Jawabannya

Ladies, apakah kamu termasuk orang yang mengalami masalah kulit seperti jerawat ketika jelang atau saat menstruasi?. Jika iya, pasti kamu bertanya-tanya mengapa bisa terjadi hal tersebut. Beberapa studi menyatakan hampir 63 persen perempuan mengalami kulit sensitif berjerawat menjelang menstruasi. Kondisi ini dipengaruhi oleh hormon masing-masing perempuan yang berbeda-beda.

Jenis hormon terbagi dua ketika menstruasi, yaitu hormon esterogen dan progesteron yang meningkat dalam dua minggu sebelum menstruasi untuk persiapan rahim kehamilan. Pada setengah periode pertama, tubuh perempuan akan lebih didominasi oleh esterogen dan hormon progesteron mengambil alih sisa waktu setelahnya. Saat kedua hormon menurun kadarnya dalam tubuh, ada hormon lain yaitu testosteron yang memiliki kadar sedikit namun berada pada level sama sepanjang bulan.

Dari kondisi tersebut diketahui sebelum dan saat menstruasi, kadar hormon testosteron akan relatif lebih tinggi di dalam tubuh. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan adanya dampak terhadap kulit perempuan. Kadar hormon testosteron lebih tinggi saat menstruasi berfungsi mengaktifkan kelenjar minyak pada kulit. Hormonnya menyebabkan produksi sebum meningkat. Kadar sebum berlebih dapat memicu bakteri muncul lebih banyak, karena minyak ini menyediakan makanan bagi bakteri. Akhirnya, menjadi penyebab jerawat saat menstruasi.

Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron merangsang produksi sebum yang berfungsi sebagai pelumas kulit alami. Saat sebum bercampur dengan sel kulit mati ditambah bakteri penyebab jerawat maka menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga jerawat tidak terhindarkan lagi. Ditambah, saat menstruasi wajah cenderung sensitif sehingga memungkin menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya.




Dan juga News & Event

5 Manfaat Rumput Laut yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan
5 Manfaat Rumput Laut yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

November 19, 2019

Rumput laut ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca lebih banyak

Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury
Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury

November 07, 2019

Siapa sangka, Cheryl Raissa yang seorang beauty influencer ternyata punya pengalaman pakai skincare mengandung mercury. Seperti apa kisahnya?.

Baca lebih banyak

Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog
Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog

November 06, 2019

Merawat kulit terdengar simple, cukup pakai skincare. Tapi, sebenarnya ada banyak hal perlu diperhatikan dalam merawat kulit. Yuk, cari tahu dengan ahlinya.

Baca lebih banyak