Ini Penyebab Kulit Bersisik 

Juli 22, 2019

Ini Penyebab Kulit Bersisik 

Kulit bersisik memang mengganggu penampilan seseorang. Kondisi ini biasanya diakibatkan hilangnya lapisan luar kulit atau disebut epidermis dalam jumlah besar dan membuatnya menjadi tidak elastis. Kulit bersisik umumnya kering dan rentan terkena masalah seperti eksim. Kondisi ini kadang membuat kulit menjadi gatal dan jika digaruk terus menyebabkan iritasi dan mengalami ruam. Tampilan kulit bersisik biasanya kasar, mengelupas, sensitif, dan kemerahan. Lalu, apa penyebab kulit bersisik sebenarnya?. Penyebab kulit bersisik memiliki banyak faktor. Mulai dari gizi buruk hingga kebiasaan penggunakan sepatu yang tidak pas.

1. Gizi buruk

2. Kurangnya perawatan kulit, misalnya menggunakan sabun yang keras atau krim yang tidak tepat.

3. Kulit bersisik bagian kaki biasanya disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak pas sehingga menimbulkan sakit hingga infeksi jamur.

4. Kulit bersisik mungkin terjadi di musim dingin, karena angin yang muncul tidak bisa ditoleransi oleh kulit sehingga membentuk bercak sisik di kulit.

5. Regenerasi lapisan kulit yang terlalu cepat sehingga mengakibatkan kulit bersisik dan terkeluapas.

Untuk mengatasi kulit bersisik agar tidak semakin parah, lakukan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Konsumsi air putih

Kurangnya asupan air bisa membuat kulit kering yang memicu kulit bersisik dan kusam. Pastikan tubuh mendapat asupan air yang cukup sehingga terjaga kelembapannya.

2. Gunakan lotion atau pelembab yang cocok

Gunakan lotion atau pelembab yang dirancang untuk kulit bersisik merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasinya. Gunakan lotion atau pelembab sambil memijat sebelum tidur dan setelah mandi.

3. Minyak zaitun

Merawat kulit bersisik menggunakan minyak zaitun paling mudah untuk mengembalikan elastisitas kulit dan menyembuhkannya karena membantu mempertahankan kelembapan.

4. Scrub

Scrub menggunakan spons atau sarung tangan exfoliating membantu menghilangkan sel kulit mati dan mengelupaskan kulit dengan lembut. Kamu bisa melakukan scrub tubuh setiap satu kali seminggu. 

5. Menggunakan minyak vitamin E

Minyak vitamin E bisa digunakan untuk berbagai masalah kaki, karena sifat antioksidannya membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel kulit serta mendorong pertumbuhan membran sel kulit yang sehat. Sebagian dermatologis merekomendasikan penggunaan pelembab yang mengandung vitamin E sebagai bahan utama.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak