Ini Bahayanya Sering Menggunakan Petroleum jelly

Juli 19, 2019

Ini Bahayanya Sering Menggunakan Petroleum jelly

Petroleum jelly adalah produk hasil dari proses penyulingan minyak dan bukan termasuk dalam kosmetik karena hanya salep topikal. Fungsinya memang memiliki sejuta manfaat, sayangnya bisa dibilang tidak ramah lingkungan. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan pemakaian produk bisa menyebabkan masalah kulit sehingga tidak baik digunakan secara berlebih.

1. Tidak memelihara kulit

Petroleum jelly tidak memberi segala nutrisi untuk kulit karena tidak memiliki sifat penyembuhan. Meski petroleum jelly bersifat oklusif, penggunaannya harus berbarengan dengan humektan sehingga air yang ditarik ke kulit dari udara bisa menghidrasi dan melembutkan kulit.

2. Penghalang kulit

Petroleum jelly telah digunakan untuk merawat kulit kering dan pecah-pecah. Saat digunakan, produknya menjadi penghalang kulit karena melindungi dari faktor eksternal, seperti air, bakteri, dan udara. Negatifnya, produknya membentuk penghalang tebal yang membuat kulit tidak bernapas.

3. Menumpuknya lemak dalam tubuh

Petroleum jelly mengandung hidrokarbon yang bisa terakumulasi dalam jaringan lemak di tubuh karena kulit tidak mencernanya dengan baik. Jika jelly dioleskan terus menerus akan menumpuk dan menyebabkan tubuh terkontaminasi. Penelitian menunjukkan hidrokarbon yang diserap dalam jangka panjang bisa membahayakan kandungan serta ASI.

4. Menyebabkan kerusakan kolagen

Petroleum jelly dioleskan ke kulit akan menghalangi penyerapan nutrisi penting sehingga mempercepat proses penuaan dini. Proses ini juga mampu menyebabkan kerusakan kolagen dan membuat kulit jadi keriput.

5. Dominasi esterogen

Efek samping dari petroleum jelly adalah risiko dominasi esterogen. Ini akan menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dan mengakibatkan masalah autoimun, alergi, infertifilitas, serta memengaruhi reseptor hormon dalam tubuh.




Dan juga News & Event

Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury
Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury

November 07, 2019

Siapa sangka, Cheryl Raissa yang seorang beauty influencer ternyata punya pengalaman pakai skincare mengandung mercury. Seperti apa kisahnya?.

Baca lebih banyak

Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog
Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog

November 06, 2019

Merawat kulit terdengar simple, cukup pakai skincare. Tapi, sebenarnya ada banyak hal perlu diperhatikan dalam merawat kulit. Yuk, cari tahu dengan ahlinya.

Baca lebih banyak

Kehebohan Training Allyoung Muslima Squad 2019
Kehebohan Training Allyoung Muslima Squad 2019

November 04, 2019

AMS 2019 terlihat antusias dengan training beauty ini. Mereka sangat aktif bertanya untuk mengetahui seputar dunia kecantikan dan content creator.

Baca lebih banyak