Dampak Buruk Sinar Matahari terhadap Rambut

Juli 05, 2019

Dampak Buruk Sinar Matahari terhadap Rambut

Rambut kusam, bercabang, mudah rapuh atau patah, hingga berubah warna tidak melulu karena kurangnya perawatan. Melainkan, bisa juga dari paparan sinar matahari yang menjadi penyebab kerusakan rambut. Rambut juga butuh perlindungan seperti kulit wajah dan tubuh. Sebab, sinar matahari akan membawa dampak buruk kepada rambut bahkan kulit kepala. Ini dampak buruk yang bisa kamu dapatkan jika tidak melindungi kulit kepala dan rambut sejak dini:

1. Rambut kering, rapuh, dan kusut

Sinar matahai UVA dan UVB dapat merusak kutikula (lapisan terluar rambut), keratin, dan melanin  rambut sehingga membuat setiap helainya mengalami dehidrasi. Inilah yang membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan kusut.

2. Rambut berubah warna

Rambut akan mengalami penurunan warna sedikit lebih muda setelah berenang di lautan atau terpapar sinar matahari berlebih. Sinar matahari akan memicu reaksi kimia yang menghilangkan warna helai rambut kamu. Rambut berwarna lebih rentan terhadap kerusakan karena memiliki lebih sedikit keratin yang memungkinkan matahari menembusnya dengan mudah.

3. Rambut bercabang dan rontok

Jika rambut kamu sering terpapar sinar matahari tanpa perawatan dan perlindungan yang tepat, maka setiap helaian rambut kamu tidak kuat dan elastis lagi. Rambut akan bercabang dan rontok bahkan mengalami uban prematur.

4. Kulit kepala terbakar matahari

Terpapar sinar matahari berlebih tidak hanya membuat rusak rambut, tetapi menyebabkan kulit kepala kering, sakit, dan gatal. Akhirnya, memicu masalah ketombe dan juga rontok. Kulit kepala kering akan membuat akar rambut rusak sehingga menyebabkan rontok dan kelamaan menipis jika tidak dirawat dengan benar.

Produk rekomendasi :




Dan juga News & Event

Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury
Pengalaman Cheryl Raissa Terjebak dengan Skincare Mengandung Mercury

November 07, 2019

Siapa sangka, Cheryl Raissa yang seorang beauty influencer ternyata punya pengalaman pakai skincare mengandung mercury. Seperti apa kisahnya?.

Baca lebih banyak

Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog
Cara Merawat Kulit yang Tepat Menurut Dermatolog

November 06, 2019

Merawat kulit terdengar simple, cukup pakai skincare. Tapi, sebenarnya ada banyak hal perlu diperhatikan dalam merawat kulit. Yuk, cari tahu dengan ahlinya.

Baca lebih banyak

Kehebohan Training Allyoung Muslima Squad 2019
Kehebohan Training Allyoung Muslima Squad 2019

November 04, 2019

AMS 2019 terlihat antusias dengan training beauty ini. Mereka sangat aktif bertanya untuk mengetahui seputar dunia kecantikan dan content creator.

Baca lebih banyak