Cara Pemulihan Otot Usai Olahraga

Juli 29, 2019

Cara Pemulihan Otot Usai Olahraga

Olahraga menjadi hal penting untuk membakar kalori serta membentuk dan memperkuat otot. Namun, tahukah kamu otot sebenarnya mengalami kerusakan usai berolahraga. Memang wajar jika otot mengalami kerusakan lebih dulu untuk mendapatkan otot yang lebih kuat, besar, atau kecil. Meski begitu, kamu perlu memperbaiki otot dengan adanya recovery atau pemulihan. Sebab, otot tidak akan terbentuk dan menjadi lebih kuat tanpa recovery. Oleh karenanya, kamu perlu melakukan beberapa proses recovery berikut ini:

Passive recovery

Pemulihan pasif merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan otot dan tubuh usai melakukan latihan atau olahraga berat. Yakni, dengan mengistirahatkan tubuh selama 1-3 hari sebelum kembali berolahraga. Jadi, tidak memaksa tubuh untuk selalu berolahraga setiap hari.

Active recovery

Metode pemulihan aktif yang dimaksud adalah tidak berhenti olahraga sama sekali. Meski otot terasa sakit, kamu tetap berolahraga. Namun, bukan olahraga berat dan keras melainkan low impact exercise seperti yoga, pilates, atau senam. Biking dan jogging juga termasuk dalam active recovery.

Usahakan untuk melakukan pemulihan setelah berolahraga. Jika kamu terlalu memaksakan dalam membentuk otot dengan olahraga setiap hari, justru itu akan merusak ototmu. Selain itu, tubuh juga harus beristirahat agar tidak mudah drop.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak