Benarkah Kolagen Bikin Awet Muda?

Juli 16, 2019

Benarkah Kolagen Bikin Awet Muda?

Kolagen merupakan kandungan yang tergolong dalam jenis protein dan diproduksi secara alami dalam tubuh demi menjaga struktur dan elastisitas kulit. Jumlahnya bisa mencapai 30 persen dari seluruh jumlah protein yang ada dalam tubuh. Tubuh memproduksi kolagen melalui asam amino, vitamin, dan mineral yang masuk dalam tubuh.

Sayangnya, kemampuan tubuh memproduksi kolagen akan semakin berukurang seiring bertambahnya usia. Tak hanya usia, faktor radikal bebas, polusi, asap rokok, dan pola makan juga memperparah penurunan produksi kolagen. Usia 25 tahun, tubuh kehilangan kolagen rata-rata 1,5 persen per tahun. Penurunan produksi kolagen ini akan menyebabkan munculnya penuaan dini, seperti keriput, garis halus, dan kulit kendur.

Bisa dibilang kolagen sangat penting untuk kulit karena bisa mencegahnya dari penuaan dini. Seseorang di atas 20 tahun memiliki kebutuhan kolagen sebanyak 1.000mg hingga 5.000mg per harinya. Cara meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh adalah dengan menggunakan skincare, suplemen kolagen, hingga menjaga pola makan. Mengonsumsi sayuran hijau, merah, buah jeruk, bawang putih, hingga madu manuka bisa meningkatkan kolagen dalam tubuh. Manfaatnya, bisa mempertahankan kelembapan, menjaga elastisitas, serta menghambat munculnya penuaan dini. Apalagi, bagi perempuan yang memiliki segudang aktivitas.

Para dermatolog juga menyarankan menggunakan produk essence yang membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan. Namun, disarankan essence yang mengandung Hydroxyprosilane karena diklaim mampu menstimulas regenerasi kulit untuk memperkuat struktur kuli wajah, membantu memperlambat penuaan sel kulit, mengembalikan kekencangan kulit, dan mengurangi garis halus serta kerutan.

Sementara, kamu mengonsumsi suplemen kolagen bisa membantu menjaga kesehatan tulang, memperkuat pemubuluh darah, sekaligus meningkatkan sirkulasinya sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian National Center of Biotechnology Information pada tahun 2014 di Jerman, sejumlah wanita 35-55 tahun akan lebih sehat dan kencang setelah mengonsumsi suplemen kolagen selama 8 minggu.

Namun, yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi suplemen kolagen adalah aturan minumnya. Sebab, suplemen kolagen memberikan efek samping berupa reaksi alergi, mual, dan pusing karena kandungan kolagen berasal dari hewan. Jadi, pastikan suplemen kolagennya tidak mengandung banyak ingredients, hindari collagen powder yang memiliki rasa serta bersertifikat aman dikonsumsi. Untuk meminimalisir timbulnya efek samping juga bisa konsultasikan ke dokter lebih dulu.

Produk rekomendasi :




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak