8 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Kulit Bruntusan

Juli 23, 2019

8 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Kulit Bruntusan

Memiliki kulit bruntusan memang tidak mengenakan, karena kulit menjadi kasar dan tidak mulus. Bahkan, makeup sulit menyatu dengan wajah karena bruntusan. Kulit bruntusan disebabkan banyak faktor, salah satunya kebiasaan buruk yang sering dilakukan namun disepelekan.

1. Malas membersihkan wajah

Setelah beraktivitas seharian, debu, kotoran, dan sisa makeup menempel di wajah. Jika kamu malas membersihkan wajah makan akan memberikan dampak buruk kepada kulitmu. Mulai dari bruntusan hingga kemerahan.

2. Sering mencuci wajah

Terlalu sering mencuci wajah bisa menghilangkan produksi minyak alami jaringan kulit. Akibatnya, kulit akan kering, perih, tipis, dan kusam, hingga bruntusan. Idealnya, mencuci wajah minimal satu kali sehari pada malam hari dan maksimal dua kali sehari.

3. Salah pilih kosmetik

Salah memilih kosmetik bisa menimbulkan berbagai reaksi, seperti bintik-bintik, gatal, panas, jerawat, dan bruntusan. Kamu bisa memilih kosmetik mengandung bahan organik dan sesuai dengan jenis kulit.

4. Pakai makeup tebal

Pakai kosmetik tebal akan membuat pori-pori kulit wajah tertutup dan jaringan kulit tidak bernapas dengan baik. Ini menjadi penyebab kulit menjadi kering dan gatal. Jika tidak dibersihkan maka bisa membuat bruntusan.

5. Tidak beri jeda waktu pergantian produk

Tidak memberikan jeda waktu yang cukup dalam mengganti produk kosmetik atau perawatan (skincare) bisa menimbulkan reaksi beragam untuk kulitmu. Mulai dari kering, berminyak, bruntusan, hingga jerawatan. Baiknya berilah jeda selama beberapa hari maksimal dua minggu sebelum pindah ke produk yang baru.

6. Kebersihan alat makeup

Tidak rutin membersihkan alat makeup menyebabkan menumpuknya bakteri. Ini menjadi pemicu bruntusan dan jerawatan. Jika tidak dibersihkan atau jarang bisa jadi bruntusan akan sulit hilang. 

7. Kurang konsumsi air putih

Kurangnya cairan dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering, kusam, hingga bruntusan. Apalagi jika kamu beraktivitas di ruangan ber-AC dan terpapar sinar matahari. Kulit akan menjadi dehidrasi, akibatnya mengalami kekeringan dan bruntusan. Untuk itu, konsumsi air putih yang cukup untuk melembabkan kulit.

8. Tidak makan sayuran

Kurangnya nutrisi bagi tubuh bisa membuat kulit wajah bruntusan. Buah dan sayur adalah makanan mengandung serat alami yang dapat mencegah kulit kering.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak