8 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Kulit Bruntusan

Juli 23, 2019

8 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Kulit Bruntusan

Memiliki kulit bruntusan memang tidak mengenakan, karena kulit menjadi kasar dan tidak mulus. Bahkan, makeup sulit menyatu dengan wajah karena bruntusan. Kulit bruntusan disebabkan banyak faktor, salah satunya kebiasaan buruk yang sering dilakukan namun disepelekan.

1. Malas membersihkan wajah

Setelah beraktivitas seharian, debu, kotoran, dan sisa makeup menempel di wajah. Jika kamu malas membersihkan wajah makan akan memberikan dampak buruk kepada kulitmu. Mulai dari bruntusan hingga kemerahan.

2. Sering mencuci wajah

Terlalu sering mencuci wajah bisa menghilangkan produksi minyak alami jaringan kulit. Akibatnya, kulit akan kering, perih, tipis, dan kusam, hingga bruntusan. Idealnya, mencuci wajah minimal satu kali sehari pada malam hari dan maksimal dua kali sehari.

3. Salah pilih kosmetik

Salah memilih kosmetik bisa menimbulkan berbagai reaksi, seperti bintik-bintik, gatal, panas, jerawat, dan bruntusan. Kamu bisa memilih kosmetik mengandung bahan organik dan sesuai dengan jenis kulit.

4. Pakai makeup tebal

Pakai kosmetik tebal akan membuat pori-pori kulit wajah tertutup dan jaringan kulit tidak bernapas dengan baik. Ini menjadi penyebab kulit menjadi kering dan gatal. Jika tidak dibersihkan maka bisa membuat bruntusan.

5. Tidak beri jeda waktu pergantian produk

Tidak memberikan jeda waktu yang cukup dalam mengganti produk kosmetik atau perawatan (skincare) bisa menimbulkan reaksi beragam untuk kulitmu. Mulai dari kering, berminyak, bruntusan, hingga jerawatan. Baiknya berilah jeda selama beberapa hari maksimal dua minggu sebelum pindah ke produk yang baru.

6. Kebersihan alat makeup

Tidak rutin membersihkan alat makeup menyebabkan menumpuknya bakteri. Ini menjadi pemicu bruntusan dan jerawatan. Jika tidak dibersihkan atau jarang bisa jadi bruntusan akan sulit hilang. 

7. Kurang konsumsi air putih

Kurangnya cairan dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering, kusam, hingga bruntusan. Apalagi jika kamu beraktivitas di ruangan ber-AC dan terpapar sinar matahari. Kulit akan menjadi dehidrasi, akibatnya mengalami kekeringan dan bruntusan. Untuk itu, konsumsi air putih yang cukup untuk melembabkan kulit.

8. Tidak makan sayuran

Kurangnya nutrisi bagi tubuh bisa membuat kulit wajah bruntusan. Buah dan sayur adalah makanan mengandung serat alami yang dapat mencegah kulit kering.




Dan juga News & Event

Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit
Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit

Desember 19, 2019

Buah emu apple, salah satu tren kandungan skincare terbaru saat ini. Fungsinya, bisa membuat kulitmu tampak awet muda.

Baca lebih banyak

5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu
5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu

Desember 16, 2019

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga loh mitos tentang toner. Mitos, ini perlu kamu tahu agar tidak salah.

Baca lebih banyak

4 Tips Memilih Suplemen Vitamin
4 Tips Memilih Suplemen Vitamin

Desember 13, 2019

Memilih suplemen itu tidak bisa sembarangan, tetapi ada triknya. Tak hanya disesuaikan tubuh tapi juga harus aman dikonsumsi dan lainnya.

Baca lebih banyak