7 Bunga yang Berkhasiat untuk Kecantikan

Juni 12, 2019

7 Bunga yang Berkhasiat untuk Kecantikan

Beberapa bunga berkhasiat menjadi bahan alami dalam pembuatan skincare untuk merawat kulit wajah. Sederet brand skincare menggunakan berbagai jenis bunga untuk dijadikan bahan utama dalam produk perawatan kulit mereka. Setidaknya ada tujuh bunga yang sering dipakai dalam pembuatan skincare:

1. Mawar

Bunga mawar memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu meredakan kemerahan akibat kulit iritasi, eczema, dan dermatitis. Kandungan astringent dan anti-bakteri cocok untuk menghilangkan jerawat dan membersihkan pori-pori pada kulit berminyak. Serta, sarat vitamin C yang dapat menstimulasi produksi kolagen dan kaya vitamin E yang baik menjaga kelembapan kulit.

2. Sakura

Bunga sakura sering dijumpai dalam berbagai produk skincare. Wajar saja, sakura memang kaya nutrisi dan bersifat anti-oksidan sehingga sangat baik digunakan sebagai bahan utama pembuatan skincare. Bunga asal Jepang ini mengandung essential acids yang dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak, mencerahkan kulit, bersifat anti-aging, dan berkhasiat anti-inflammatory.

3. Calendula

Calendula berkhasiat sebagai anti-inflamasi, anti-jamur, dan anti-bakteri sehingga bermanfaat mencegah kulit iritasi, meminimalkan eczema, bahkan aman untuk kulit bayi. Bungnya kaya vitamin serta senyawa seperti sterol, beta karoten, polisakarida, dan karetonoid. Cocok digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti bengkak, peradangan pada bagian tubuh. Jika mengalami kulit memar, varises atau keseleo, kamu bisa gunakan minyak calendula sebagai pengobatan. Dalam penelitian The Journal of Nutrition, para peneliti dari Washington State University menemukan kandungan anti-oksidan dalam calendula dapat meredam jumlah sel tumor sekaligus mencegah sel tumor baru datang lagi. Berkat kandungan anti-oksidannyajuga mampu melawan sel kanker usus besar, leukimia dan melanoma.

4. Chamomile

Selama ini ekstrak bunga chamomile sering dipakai sebagai bahan utama pembuatan skincare. Sifat bunga chamomile adalah anti-fungal, antibacterial, antiseptic, dan anti-oksidan sehingga tepat untuk mengatasi masalah jerawat dan iritasi kulit. Produk skincare yang mengandung chamomile mampu menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat penuaan.

5. Melati

Bunga biasanya dijadikan aromaterapi, afrodisiak, dan pereda luka ringan oleh masyarakat Mesir dan Yunani berabad-abad silam. Ini karena bunganya mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari lingkungan buruk, membuat kulit tampak lebih muda, melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori, meratakan warna kulit, dan menyamarkan noda-noda gelap di kulit wajah. Melati bisa digunakan untuk semua jenis dan kondisi kulit, termasuk kulit sensitif.

6. Lavender

Bunga berwarna ungu ini terkenal sebagai bahan yang cocok untuk kulit sensitif karena kaya nutrisi, memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri serta dapat membantu detoks kulit akibat stres dan polusi. Aromanya yang menenangkan membuat kulit lebih tenang. Tak heran bila lavender banyak digunakan dalam produk face mist dan sabun mandi karena meningkatkan relaksasi.

7. Anggrek

Anggrek membantu melawan penuaan dini sehingga baik untuk anti-aging. Ekstrak anggrek mampu mengurangi kerutan dan garis-garis halus, melembapkan kulit, membuat kulit lebih plumpy, serta kaya antioksidan Reactive Oxygen Specues yang dapat memerangi radikal bebas lebih hebat daripada vitamin C dan E.




Dan juga News & Event

Manfaat Ekstrak Nanas untuk Kecantikan
Manfaat Ekstrak Nanas untuk Kecantikan

Juni 19, 2019

Siapa sangka buah nanas rupanya bermanfaat untuk kecantikan. Buah yang bisa menggugurkan janin ini bisa mengatasi masalah kulit berjerawat.

Baca lebih banyak

Bahayanya Gunakan Produk Kecantikan Mengandung Silikon
Bahayanya Gunakan Produk Kecantikan Mengandung Silikon

Juni 14, 2019

Menggunakan produk kecantikan mengandung silikon ternyata berbahaya. Meski, tidak semua untuk jenis kulit tapi kamu tetap harus berhati-hati.

Baca lebih banyak

Dampak Buruk Menggunakan Skincare Berlapis untuk Kulit
Dampak Buruk Menggunakan Skincare Berlapis untuk Kulit

Juni 13, 2019

Sebaiknya gunakan skincare secukupnya, yaitu 2-3 lapis saja. Sebab, bila terlalu banyak maka akan menimbulkan dampak buruk bagi kulit.

Baca lebih banyak