6 Kebiasaan Buruk yang Pengaruhi Kulit Kering

Agustus 01, 2019

6 Kebiasaan Buruk yang Pengaruhi Kulit Kering

Penyebab kulit kering bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya, kebiasaan buruk yang sering dilakukan tanpa disadari. Beberapa kebiasaan buruk ini bisa memengaruhi kulit menjadi kering.

1. Dehidrasi

Kurang mengonsumsi air putih mengakibatkan dehidrasi parah. Menurut penelitian yang dipublikasikan International Journal of Cosmetic Science tahun 2007 menguji efek hidrasi pada kondisi fisiologis kulit. Hasilnya, orang yang kurang mengonsumsi air putih dapat membuat kulit jadi stres. Itu mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit alami dan menjadikannya kering.

2. Sering cuci tangan

Mencuci tangan memang bisa membunuh kuman dan bakteri yang menempel. Namun, jika terlalu kering justru bisa membuatnya menjadi kering. Apalagi, tangan salah satu bagian yang cepat mengalami keriput di banding bagian lainnya. Berlebihan menggunakan hand sanitizer juga mengakibatkan kulit kering, apalagi jika pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Akibatnya, kulit kering, pecah-pecah, dan mengelupas.

3. Kebiasaan mandi

Kebiasaan mandi dengan air hangat atau panas dapat membuat kulit kering. Air panas bisa menyebabkan kulit jadi iritasi, gatal, dan kering. Efeknya makin buruk jika mandi air panas pada musim dingin. Tidak hanya membuat kulit kering, tetapi bisa merusak permukaan kulit. Kulit kering yang parah bisa memerah dan terjadi peradangan kulit. Selain itu, terlalu lama mandi juga bisa menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga menjadikannya kering.

4. Salah pilih sabun

Sebagian orang asal dalam memilih sabun. Mereka menganggap sabun sama-sama membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri yang menempel di kulit. Namun, tahukah kamu ketika memilih sabun juga perlu melihat kandungan di dalamnya. Jangan sampai, sabun yang kamu pilih justru merusak kulitmu sendiri. Gunakan sabun lembut yang mengandung pelembab dan hindari kandungan alkohol atau parfum di dalamnya. Ditambah, gunakan lotion untuk mengunci kelembapan alami kulitmu.

5. Pola makan yang salah

Sejumlah makanan dan minuman dapat merusak kulit, diantaranya produk susu, makanan tinggi gula dan gandum, alkohol, dan kafein. Akibatnya kulit menjadi dehidrasi dan kering.

6. Kelamaan terpapar AC

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh paparan AC yang kelamaan. AC dapat menghilangkan kelembapan udara, menurunkan resistensi kulit, dan membuat sel di permukaan kulit kering.




Dan juga News & Event

Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit
Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit

Desember 19, 2019

Buah emu apple, salah satu tren kandungan skincare terbaru saat ini. Fungsinya, bisa membuat kulitmu tampak awet muda.

Baca lebih banyak

5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu
5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu

Desember 16, 2019

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga loh mitos tentang toner. Mitos, ini perlu kamu tahu agar tidak salah.

Baca lebih banyak

4 Tips Memilih Suplemen Vitamin
4 Tips Memilih Suplemen Vitamin

Desember 13, 2019

Memilih suplemen itu tidak bisa sembarangan, tetapi ada triknya. Tak hanya disesuaikan tubuh tapi juga harus aman dikonsumsi dan lainnya.

Baca lebih banyak