5 Manfaat Sea Buckthorn untuk Kecantikan Kulit

April 09, 2019

5 Manfaat Sea Buckthorn untuk Kecantikan Kulit

Buah Sea buckthorn mungkin masih awam terdengar. Buah ini berwarna jingga terang serupa dengan buah beri. Buah yang mungkin masih jarang dikonsumsi masyarakat ini ternyata memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan kulit. Buah ini biasanya menjadi obat untuk orang Tibet kuno selama ribuan tahun untuk mengobati segala jenis penyakit. Mulai dari eksim hingga luka bakar. Seiring berjalannya waktu, buah ini dikembangkan untuk kecantikan kulit. Buah yang tumbuh secara alami di beberapa bagian pegunungan Eropa dan Asia ini kaya akan berbagai vitamin dan anti-oksidan. Lalu, sebenarnya buah Sea buckthorn ini bermanfaat untuk apa sajakah?.

Mengatasi jerawat

Sea buckthorn memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga membantu menyembuhkan jerawat, menenangkan kulit, serta mencegah terjadinya breakout bila penggunaannya secara topikal. Teksturnya yang ringan juga tidak menyumbat pori-pori.

Meregenerasi sel kulit

Berkat kandungan kaya anti-oksidan dapat meningkatkan produksi kolagen untuk mengurangi keriput dan garis halus pada wajah. Sea buckthorn yang memiliki nama Latin Hippophae rhamnoides mengandung Vitamin E yang cukup tinggi dan dapat bekerja mengurangi bekas luka pada kulit. Termasuk bekas luka yang kecil, seperti bekas jerawat, dan bekas luka yang lebih besar dari cidera traumatis dan stretch mark yang parah. Berkat sifat anti-inflamasinya juga dapat menyembuhkan kulit yang meradang akibat terbakar sinar matahari.

Menjaga kulit tetap elastis

Warna orange dari sea buckthorn berasal dari beta karoten yang konsentrasinya lebih besar dari pada labu atau aprikot. Buah yang sumber anti-oksidan ini kaya akan vitamin C yang tinggi, bahkan 15 kali lebih banyak dari jeruk. Inilah yang membuat buah ini dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga mempertahankan elastisitas kulit dan selalu membuatnya terasa kenyal serta awet muda.

Melembabkan kulit

Merupakan sumber asam lemak omega 3, 6, 7, dan 9 yang baik untuk mempertahankan kelembapan kulit. Asam lemaknya seperti asam linoleat (omega-6) dan asam oleat (omega-9) dapat memperkuat fungsi skin barier atau penghalang kulit untuk mengunci sekaligus mencegah hilangnya kelembapan kulit. Jenis asam lemak ini juga meningkatkan hidrasi secara umum untuk kulit, sehingga baik untuk kulit kering.

Menyembuhkan luka bakar kulit

Berkat kandungan anti-inflamasinya, buah ini efektif menyembuhkan luka bakar pada kulit tanpa efek sampiing. Penelitian menunjukkan, penderita luka bakar tingkat tiga dapat sembuh dengan mengoleskan sea buckthorn oil. Buah ini juga dapat mendorong pertumbuhan sel epitel kulit dan mukosa yang rusak oleh luka bakar.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak