5 Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan

September 05, 2019

5 Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan

Buah cherry merupakan bagian dari famili Rosaceae yang mencakup buah persik, plum, dan nektarin. Buah kecil berwarna merah yang sudah ada sejak zaman Romawi kuno dulu digolongkan menjadi dua jenis, yakni cherry asam dan manis. Cherry asam mengandung kalori, vitamin C dan beta karoten lebih tinggi lebih rendah daripada yang manis. Buah cherry mengandung nutrisi, seperti antioksidan, vitamin C, kalium, serat, dan fitokimia. Banyaknya kandungan di dalam buah, membuat buah cherry memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kanker.

1. Mencegah kanker

Warna merah pada buah cherry berasal dari kandungan antosianin dan antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya. Misalnya, penyakit kardiovaskular, sumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis, alzheimer, dan radang sendi. Kandungan fitokimia pada cherry membantu melindungi tubuh terhadap enzim yang menyebabkan peradangan sehingga mampu mengurangi rasa sakit radang sendi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Fitokimia dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 40 persen dengan menghentikan kerusakan sel akibat zat pemicu kanker (karsinogen). Zat anti radang pada buah cherry juga membantu mengatasi insomnia.

2. Mengurangi risiko hipertensi dan stroke

Buah cherry mengandung kalium yang dapat mengurangi risiko hipertensi dan stroke. Mineral di dalamnya juga membantu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, pemulihan otot, pencernaan, denyut jantung, dan keseimbangan pH atau asam basa tubuh. Kandungan vitamin C nya menjaga sistem kekebalan tubuh, penyakit mata, keriput, dan menjaga kesehatan kehamilan.

3. Mengurangi risiko diabetes

Kandungan serat pada cherry bisa menurunkan berat badan, mengurangi risiok diabetes, dan penyakit jantung. Serat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, serta mencegah penyakit kanker kolorektal.

4. Mengatasi peradangan

Mengandung senyawa antocianin, cherry dapat mengatasi peradangan, seperti iritasi, sel rusak, dan lainnya. Selain itu, kandungan anti oksidan di dalamnya juga dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada penyakit osteoartritis. Kandungan flavanoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

5. Mengatasi asam urat

Buah cherry mengandung senyawa rheumatoid arthritis yang berfungsi meredakan nyeri sendi dan asam urat. Kamu bisa mencegah terjadinya asam urat dengan mengonsumsi buah cherry.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak