5 Ciri-ciri Kulit Sensitif dan Cara Menghindari agar Tidak Iritasi

September 12, 2019

5 Ciri-ciri Kulit Sensitif dan Cara Menghindari agar Tidak Iritasi

Kulit sensitif identik mudah teriritasi jika terpapar suatu produk. Iritasi yang mereka alami cenderung reaksi buruk terhadap kulit. Lalu, bagaimana mengetahui kulitmu termasuk jenis sensitif atau tidak?. Jika kamu memiliki ciri-ciri ini artinya kulitmu termasuk jenis yang sensitif.

1. Kulit kemerahan

Kemerahan sangat sering terjadi, bahkan pada kulit yang tidak terlalu sensitif. Ketika tidak nyaman dengan sebuah produk, kulit akan berwarna kemerahan dan berubah menjadi ruam atau memar. Seseorang yang pernah mengalami hal ini disarankan untuk memakai produk herbal atau natural, dengan bahan kimia sangat minim.

2. Sering terasa gatal

Kalau kulit sering terasa gatal, hal ini bisa jadi tanda kulit sensitif. Biasanya sering terjadi, ketika menggunakan makeup dan skin care yang kurang cocok untuk kulit. Menggunakan produk berbahan kimia bisa menyebabkan rasa gatal, iritasi, dan infeksi. Untuk mencegah efek yang lebih parah, jangan menggaruk kulit terlalu kasar atau sering.

3. Bruntusan

Bruntusan biasanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih akibat kekurangan kelembapan. Akhirnya, minyak berlebih menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo, jerawat, dan bruntusan. Untuk mengatasi wajah yang bruntusan, kamu bisa gunakan pembersih muka bertekstur krim untuk kulit berjerawat.

4. Terasa perih dan kebakar

Produk kecantikan seperti foundation, pelembab, hingga sunscreen bisa membuat kulit terasa perih dan kebakar. Bahan kimia di dalamnya menjadi penyebabnya. Gunakan produk bertekstur gel atau krim.

5. Sering ruam dan memar

Jika kulitmu sering memar maka bisa jadi kulitmu sensitif. Ruam dan memar disebabkan kebiasaan mencuci muka yang kurang bersih menggunakan krim atau gel. Jika ingin menggunakan produk bertekstur tersebut maka lakukan uji coba di bawah lengan lebih dulu dan diamkan seharian lalu lihat efeknya.

Nah, jika kamu pemilik kulit sensitif maka ada beberapa hal yang wajib kamu hindari. Diantaranya:

1. Air panas

Kamu wajib hindari penggunaan air panas untuk mandi maupun mencuci wajah. Baiknya gunakan air suam-suam kuku atau air dingin. Air panas dapat membuat kulit mudah teriritasi.

2. Sinar matahari

Tidak disarankan terpapar sinar matahari berlebih baik di dalam kantor, mobil, atau secara langsung. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan iritasi. Baiknya gunakan sunscreen untuk menangkal paparan sinar matahari.

3. Hindari makeup berlebih

Tidak menggunakan makeup berlebihan. Produk kecantikan seperti eyelier, maskara, dan bedak berpotensi menimbulkan alergi pada orang kulit sensitif.

4. Sabun dengan parfum

Gunakan sabun mandi bebas parfum yang bertuliskan “fragrance free”. Kulitmua akan muncul ruam jika menggunakan sabun mandi mengandung parfum.




Dan juga News & Event

Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?
Benarkah Makanan Manis Memicu Penuaan Dini?

September 19, 2019

Makanan manis memicu penuaan dini, seperti kerutan dan keriput. Ini penjelasannya.

Baca lebih banyak

7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri
7 Dampak Buruk Pakai Makeup Setiap Hari, No.3 Paling Ngeri

September 18, 2019

Menggunakan makeup setiap hari ternyata memiliki dampak buruk yang mengerikan untuk kulit maupun tubuh. Simak lengkapnya.

Baca lebih banyak

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak