4 Penyebab Munculnya Penuaan pada Leher

Juni 28, 2019

4 Penyebab Munculnya Penuaan pada Leher

Struktur kulit leher sebenarnya serupa dengan kulit wajah. Sayangnya, masih banyak orang yang belum fokus dalam merawat kulit leher karena kebanyakan merawat kulit wajah. Kulit wajah dan leher sejatinya sama pentingnya untuk dirawat. Itu berguna untuk mencegah penuaan pada leher, seperti warna kulit tidak sama dengan kulit wajah, munculnya garis halus, kerutan, dan lipatan.

Masalah penuaan pada area leher ini biasanya disebabkan oleh faktor usia. Usia yang bertambah menyebabkan penurunan produksi kolagen yang akhirnya menurunkan elastisitas kulit. Akibatnya, kulit menjadi kendur, muncul garis halus, dan keriput. Namun, sebenarnya tidak hanya dipengaruhi faktor usia melainkan ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab munculnya penuaan pada leher.

1. Paparan sinar matahari

Sering terpapar sinar matahari berlebih dapat merusak tekstur, jaringan kulit, merusak kolagen yang mengurangi elastisitas kulit. Hasilnya kulit leher akan lebih gelap, rentan kendur, bergelambir, muncul garis halus, keriput, hingga lipatan leher. Jika kamu merawat leher dari sekarang, masalah tersebut tidak akan muncul. Untuk menghindari kulit leher dari paparan sinar matahari, kamu bisa mengoleskan dengan sunscreen SPF 30.

2. Kurang perawatan pada leher

Kulit leher butuh perawatan dengan diberi pelembab, sunscreen, dan juga masker. Disarankan untuk menggunakan sunscreen setiap kali beraktivitas di luar ruangan secara rutin.

3. Posisi tidur

Posisi tidur yang menyamping akan memberi tekanan pada leher dan membentuk garis lipatan. Jika sering dibiasakan, lama-lama garis di area leher akan semakin terlihat dalam. Kamu bisa mengganti posisi tidur telentang yang tidak memberi tekanan pada area sekitar leher.

4. Menggunakan turtleneck

Tekanan dari pakaian yang ketat di area leher bisa membuat kulit mengendur. Ditambah, jika bahan pakaian yang dikenakan kasar dan rentan mengiritasi kulit. Disarankan untuk memilih bahan pakaian yang lembut dan gunakan model pakaian yang tidak memberi tekanan pada leher.

Produk rekomendasi :




Dan juga News & Event

Skintelligent Bantu Kamu Kenali Tipe dan Masalah Kulit secara Akurat
Skintelligent Bantu Kamu Kenali Tipe dan Masalah Kulit secara Akurat

Oktober 08, 2020

Skintelligent.id, quesioner yang dapat membantumu dalam mengenali tipe dan masalah kulit secara akurat.

Baca lebih banyak

Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit
Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit

Desember 19, 2019

Buah emu apple, salah satu tren kandungan skincare terbaru saat ini. Fungsinya, bisa membuat kulitmu tampak awet muda.

Baca lebih banyak

5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu
5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu

Desember 16, 2019

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga loh mitos tentang toner. Mitos, ini perlu kamu tahu agar tidak salah.

Baca lebih banyak