4 Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa

April 30, 2019

4 Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa

Berat badan saat puasa harusnya menurun, karena asupan makanan berkurang dari biasanya. Namun, sebagian orang justru memiliki masalah berat badan naik saat puasa. Tahukah kamu apa penyebabnya?. Ya, sebagian orang itu justru menjadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam karena tidak bisa makan pada siang hari. Kelebihan makan saat berbuka puasa ini menjadi penyebab berat badan naik saat puasa. Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja penyebabnya. Tetapi, ada penyebab lainnya yang membuat masalah itu terjadi.

Porsi makan lebih banyak

Saat berbuka puasa, nafsu makan semakin meningkat bagi sebagian orang sehingga porsi makan lebih banyak dari biasanya. Terlebih, kebanyakan makanan yang dimakan mengandung karbohidrat, kadar gulat, dan garam lebih tinggi. Makanan inilah yang akhirnya membuat berat badan naik saat puasa. Seharusnya, ketika berbuka puasa makanlah dengan menyantap makanan ringan seperti buah, salad, dan sup. Ketiga jenis makanan ini memiliki rendah kalori dan mengenyangkan.

Penurunan aktivitas fisik

Saat puasa, aktivitas fisik cenderung menurun karena mudah lemas untuk melakukan sesuatu. Bahkan, seringnya terlalu malas untuk berolahraga. Terlebih, saat puasa juga akan lebih sering mengantuk sehingga membuat waktu tidur bertambah di siang hari. Ini akan lebih sulit mengontrol berat badan. Makan berlebihan saat sahur dan berbuka, ditambah berkurangnya aktivitas fisik menjadikan ini alasan berat badan menjadi naik saat puasa.

Kurang tidur

Berbagai penelitian menyatakan, orang yang kurang tidur cenderung mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup. Ketika seseorang mengalami gangguan tidur, ini dipengaruhi hormon yang mengatur metabolisme tubuh dan kontrol nafsu makan, yaitu hormon leptin. Hormon ini berfungsi menghasilkan rasa lapar serta membantu mengatur nafsu makan seseorang. Ketika hormon leptin seseorang terlalu tinggi, maka tubuhnya akan mengalami gangguan terhadap persepsi rasa kenyang. Tubuh akan terus merasa lapar  walau telah makan banyak. Akibatnya, jadi sering ngemil terutama di malam hari sebelum tidur.

Langsung tidur setelah sahur

Banyak orang langsung tidur usai sahur. Padahal, tidur setelah makan memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuh baik jangka pendek maupun panjang. Apabila kamu tidur di bawah 2 jam setelah makan, saluran pencernaan belum sempat menggiling makanan yang kita konsumsi sebelum tidur. Hal ini menyebabkan gangguan saluran pencernaan dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Akhirnya, makanan yang kita makan tidak mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan justru menumpuk sehingga menimbulkan lemak.




Dan juga News & Event

Skintelligent Bantu Kamu Kenali Tipe dan Masalah Kulit secara Akurat
Skintelligent Bantu Kamu Kenali Tipe dan Masalah Kulit secara Akurat

Oktober 08, 2020

Skintelligent.id, quesioner yang dapat membantumu dalam mengenali tipe dan masalah kulit secara akurat.

Baca lebih banyak

Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit
Mengenal Buah Emu Apple yang Baik untuk Kulit

Desember 19, 2019

Buah emu apple, salah satu tren kandungan skincare terbaru saat ini. Fungsinya, bisa membuat kulitmu tampak awet muda.

Baca lebih banyak

5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu
5 Mitos tentang Toner yang Perlu Kamu Tahu

Desember 16, 2019

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga loh mitos tentang toner. Mitos, ini perlu kamu tahu agar tidak salah.

Baca lebih banyak