11 Istilah Skincare yang Belum Diketahui Banyak Orang

Juni 21, 2019

11 Istilah Skincare yang Belum Diketahui Banyak Orang

Tidak hanya makeup yang memiliki istilah dunia kecantikan, tetapi skincare juga punya istilah. Beberapa istilah dari skincare mungkin masih ada yang belum familiar atau kenal bahkan tidak mengetahui artinya. Berikut sejumlah istilah skincare yang sering digunakan orang dalam penyebutan serta yang terdapat dalam produk perawatan kulit.

1. Beeswax

Beeswax atau lilin lebah dapat ditemukan di produk skincare yang berfungsi melembapkan dan menghaluskan kulit, misalnya lip balm dan krim tangan. Beeswax juga memiliki kemampuan anti-peradangan, anti-bakteri, anti-iritasi, meredakan nyeri, serta menghilangkan jerawat.

2. Blemish

Blemish artinya ketidaksempurnaan kulit yang bisa berupa kemerahan pada kulit wajah, bopeng, luka bekas jerawat, komedo, noda hitam, dan kondisi lainnya yang membuat kulit wajah tidak halus dan bersih.

3. Booster

Booster adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan kandungan tertentu dalam konsentrasi tinggi. Fungsi utamanya adalah untuk mengatasi masalah kulit dan sebaiknya produk ini digunakan sebelum mengaplikasikan skincare lain untuk hasil lebih maksimal.

4. Broad spectrum

Kata ini biasanya ditemukan di produk sunscreen yang mengartikan dapat menjaga kulit dari sinar UVA dan UVB. Seperti diketahui, sinar matahari UVA dan UVB dapat membahayakan kulit.

5. Emollient

Ini adalah kandungan skincare yang meningkatkan kadar air pada kulit untuk menghidrasi. Biasanya ditemukan di produk pelembab kulit seperti moisturizer dan eye cream.

6. Emulsifier

Kandungan produk perawatan kulit yang bertugas mengikat bahan kandungan yang tidak dapat menyatu seperti minyak dan air.

7. PA

Istilah PA (Protection Grade of UVA) biasanya terdapat dalam produk sunscreen untuk menjaga kulit dari sinar UVA dan diikuti dengan simbol ++ (plus). Semakin banyak simbol +, makin kuat produk tersebut dalam menjaga kulit dari sinar UVA.

8. Sebum

Diproduksi oleh kelenjar minyak, sebum adalah zat berminyak yang berfungsi sebagai pelembab alami kulit. Sebenarnya sebum baik untuk kulit, namun jika berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

9. Cystic acne

Atau yang dikenal dengan jerawat kistik ini biasanya merah, meradang, dan berukuran besar. Jerawat ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat minyak, kotoran, dan bakteria yang membuat jerawat meradang. Jika memiliki jerawat ini baiknya jangan disentuh apalagi dipecahkan karena dampaknya bisa memperburuk kulitmu karena bakteria jerawat tersebut menyebar ke bagian wajah lainnya.

10. Melanin

Melanin adalah pigmen dalam tubuh yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata. Jika kamu memiliki kulit gelap, artinya tubuhmu menghasilkan melanin dalam jumlah yang tinggi.

11. Multi tasking

Teknik pengaplikasian masker yang disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Misalnya, bagian T-zone lebih berminyak sedangkan di pipi cenderung kering. Kondisi ini tentunya tidak efektif menggunakan satu masker untuk seluruh wajah. Disarankan menggunakan masker multi tasking agar hasilnya optimal. Gunakan masker untuk kulit berminyak di area T-zone dan masker untuk kulit kering di area pipi.

Produk rekomendasi :




Dan juga News & Event

Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?
Benarkah Kulit Kering Bikin Cepat Tua?

September 17, 2019

Kulit kering bikin wajah cepat tua karena cadangan air atau kelembapannya yang sedikit. Benarkah?

Baca lebih banyak

Keuntungan Memiliki Wajah Berminyak
Keuntungan Memiliki Wajah Berminyak

September 14, 2019

Memiliki kulit wajah berminyak tidak selalu buruk dan menimbulkan masalah. Ada juga keuntungan yang kamu dapatkan jika kulitmu berminyak.

Baca lebih banyak

5 Tanda Masalah Kesehatan dari Rambut Rontok
5 Tanda Masalah Kesehatan dari Rambut Rontok

September 13, 2019

Jika kamu memiliki masalah rambut rontok bisa jadi karena terkena sejumlah penyakit ini. Waspadalah dari sekarang.

Baca lebih banyak