Yuk Makan Kacang Buncis, Si Penangkal Radikal Bebas yang Bergizi Tinggi!

Oktober 08, 2019

Yuk Makan Kacang Buncis, Si Penangkal Radikal Bebas yang Bergizi Tinggi!

          Siapa yang tidak kenal sayuran kacang buncis? Sayuran yang sering dimasak dengan ditumis atau direbus ini adalah sayuran paling bergizi yang bisa dimakan oleh anak-anak sampai orang lanjut usia. Kacang buncis kaya akan vitamin A, C, dan K, serta merupakan sumber asam folat dan kalsium. Karena kandungannya, kacang buncis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Apa saja manfaat tersebut? Yuk kita gali lebih dalam tentang manfaat kacang buncis!

1. Bagus untuk Kulit, Kuku, dan Rambut
          Nutrisi dalam sayuran kacang buncis memiliki efek yang sangat baik pada kulit, kuku dan rambut. Kacang buncis mengandung jenis silikon yang mudah diserap oleh tubuh dan penting untuk pembentukan jaringan ikat yang sehat untuk memperkuat kuku serta meningkatkan kesehatan kulit.

2. Baik untuk Kesehatan Mata
          Kacang buncis kaya akan karotenoid sehingga memainkan peran yang efektif dalam mencegah degenerasi makula (suatu kondisi yang menyebabkan penurunan penglihatan dan fungsi mata). Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buncis juga membantu menjaga kesehatan mata dan penglihatan saat malam.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
          Kalsium dan flavonoid dalam sayuran kacang buncis bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Flavonoid adalah antioksidan yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Flavonoid yang tinggi memiliki sifat anti inflamasi yang mengatur aktivitas trombotik dalam sel dan mencegah pembekuan darah di arteri.

4. Memberikan Energi Tambahan
          Sayuran kacang buncis mengandung kira-kira dua kali jumlah zat besi dibandingkan dengan bayam. Zat besi adalah komponen sel darah merah yang penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel di seluruh tubuh. Karena manfaat ini, sayuran kacang buncis sangat bermanfaat bagi penderita anemia.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
          Vitamin K yang berlimpah dalam kacang buncis berfungsi untuk mengaktifkan osteocalcin yang merupakan protein non-kolagen yang ditemukan dalam tulang. Senyawa ini mengunci molekul kalsium di dalam tulang sehingga memperkuat tulang dari dalam.

6. Mendetoksifikasi Tubuh
          Kacang buncis memiliki sifat diuretik yang kuat sehingga berfungsi sebagai detoksifikasi yang bagus bagi tubuh karena membersihkan tubuh dengan membuang racun.

7. Menangkal dan Mencegah Radikal Bebas
          Paparan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan jantung dan memicu penyakit kanker. Kacang buncis mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Tingkat antioksidan lutein, beta-karoten, violaxanthin dan neoxanthin dalam kacang buncis sebanding dengan yang ada pada sayuran kaya karotenoid, seperti wortel.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak