Waspada Tanda-tanda Kamu Kekurangan Vitamin C

Juli 19, 2019

Waspada Tanda-tanda Kamu Kekurangan Vitamin C

          Jangan sampai kekurangan vitamin C ya, Ladies! Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan efek yang serius. Faktanya vitamin C berperan sangat penting karena kemampuannya dalam memproduksi kolagen untuk merawat kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen, dan tendon.

          Sebagai antioksidan, vitamin C juga membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mencegah perkembangan penyakit jantung dan kanker. Terbayang kan bila kamu kekurangan vitamin C? Yuk intip tanda-tanda yang harus kamu waspadai karena kekurangan vitamin C!

  • Kulit kering, merah, atau keriput
          Vitamin C memproduksi kolagen yang menjaga kulit lebih kenyal dan bebas kerutan. Tidak heran jika kurang vitamin C membuat kulit menjadi lebih kering dan keriput. Kekurangan vitamin c juga dapat menambah risiko kulit terbakar oleh sinar matahari.

  • Gusi berdarah dan bengkak
          Sebagian dari gusi terbuat dari kolagen. Karena itulah gusi menjadi lebih sensitif apabila kadar vitamin C berkurang. Kekurangan vitamin C juga membuat gusi yang berdarah tidak bisa sembuh dengan cepat sehingga akan menjadi bengkak.

  • Sering mimisan
          Mimisan terjadi ketika pembuluh darah kecil di hidung pecah. Karena pembuluh darah diperkuat oleh kolagen, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan pembuluh darah melemah, pecah dan sering mimisan.

  • Berat badan bertambah
          Kekurangan vitamin C dalam aliran darah berkorelasi dengan peningkatan lemak di tubuh. Hal ini karena metabolisme di tubuh menjadi lambat sehingga badan cenderung bertambah berat.

  • Sering terkena infeksi
          Vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih yang menyerang bakteri dan virus sebagai bagian dari respons kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C dapat membuat infeksi lebih cepat masuk ke dalam tubuh karena lemahnya sistem kekebalan tubuh.

  • Rambut kering dan bercabang
          Ketika rambut menjadi kering dan bercabang, itu karena kekurangan vitamin C. Rambut menjadi lebih lemah dan mudah rontok karena kulit kepala kekurangan kolagen.

  • Kulit mudah memar
          Ada pembuluh darah kecil tepat di bawah permukaan kulit. Jika pembuluh darah pecah, akan menimbulkan memar di kulit. Ini bisa menjadi tanda bahwa dinding pembuluh darah yang sebagian besar terbuat dari kolagen sedang melemah.

  • Sendi yang bengkak dan nyeri
          Karena tulang rawan di sendi sebagian besar terbuat dari kolagen, kadar vitamin C yang rendah dapat menyebabkan lebih sedikit bantalan di antara tulang dan sendi yang pegal.

  • Sering kelelahan dan mood menjadi turun
          Vitamin C mempunyai peranan penting dalam produksi energi dan menstabilkan suasana hati. Kekurangan vitamin C dapat terlihat dari badan yang sering kelelahan dan suasana hati yang sering turun.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak