Waspada Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin!

Oktober 29, 2019

Waspada Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin!

          Vitamin adalah nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang kecil dan seringkali kita dapatkan dari makanan. Namun ada juga yang lebih memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin dibanding makan makanan yang mengandung banyak vitamin. Meskipun hampir tidak mungkin untuk mendapatkan terlalu banyak vitamin dari makan makanan, tubuh bisa mengalami overdosis pada beberapa vitamin jika memakan suplemen dalam dosis besar untuk jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah beberapa penyakit berbahaya akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin:

  • Vitamin C
          Vitamin C diperlukan untuk membentuk jaringan ikat yang kuat dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 75 hingga 90 miligram (mg) per hari. Meskipun vitamin C banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, namun banyak orang yang memilih mengonsumsi vitamin C dengan suplemen untuk membantu mengatasi flu. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan mual, kram perut, diare dan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

  • Vitamin E
          Vitamin E berfungsi untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, antioksidan yang menangkal radikal bebas serta membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Vitamin E bersumber dari biji-bijian, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 15 mg per hari. Mengonsumsi terlalu banyak vitamin E dapat meningkatkan risiko pendarahan dan akan berisiko lebih tinggi apabila terkena stroke atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

  • Vitamin A
          Vitamin A sangat penting menjaga kesehatan mata, pengembangan sel, dan pertahanan sistem kekebalan tubuh. Karena vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, mudah bagi tubuh untuk menyimpannya sehingga dapat menumpuk dari waktu ke waktu. Vitamin A bisa kamu peroleh dengan makan daging, ikan, hati, ikan, susu, buah-buahan dan sayuran berwarna. Orang dewasa biasanya membutuhkan sekitar 700 hingga 900 mikrogram (mcg) vitamin A per hari. Kelebihan asupan vitamin A dalam jangka panjang dapat menyebabkan pusing, muncul ruam, sakit kepala, mual, nyeri pada persendian/tulang, kerusakan hati, koma, bahkan kematian.

  • Vitamin D
          Vitamin D membantu tubuh menyerap dan memanfaatkan kalsium, jadi jika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin D, risikonya yaitu tulang menjadi lemah dan mengakibatkan osteoporosis. Kamu tidak bisa mendapatkan banyak vitamin D dari makanan, tetapi tubuh akan membuatnya setelah kulit terkena sinar matahari. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 600 Unit Internasional (IU) vitamin D setiap harinya. Seringkali vitamin D juga dikemas dalam suplemen. Namun mengonsumsi terlalu banyak vitamin D dapat berdampak buruk bagi jantung dan ginjal.

  • Vitamin B-6
          Tubuh membutuhkan vitamin B-6 untuk membantu mengubah protein dan gula menjadi energi. Vitamin B-6 juga penting untuk memproduksi hemoglobin dan menjaga sistem saraf. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 1,3 mg vitamin B-6 per hari. Tetapi, mengonsumsi suplemen vitamin B-6 dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan saraf, mual, sensitivitas pada cahaya dan penyakit kulit.

  • Asam Folat
          Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat, vitamin B-kompleks yang penting untuk membuat DNA, pembelahan sel dan pertumbuhan. Folat biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran hijau, sedangkan asam folat sering ditemukan dalam sereal dan roti. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 400 mcg setiap hari, tetapi seringkali juga ditemukan dalam suplemen makanan. Mengonsumsi asam folat dalam jumlah besar dapat menutupi kekurangan vitamin B-12 yang dapat menyebabkan kerusakan saraf.

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak