Waspada, Kandungan Produk Kecantikan Ini Dapat Merusak Kulit

Desember 14, 2019

Waspada, Kandungan Produk Kecantikan Ini Dapat Merusak Kulit

Kulit manusia menyerap hingga 60 persen bahan dari dalam produk kecantikan. Bahan yang digunakan oleh produk kecantikan kemudian bersentuhan langsung dengan aliran darah. Jika kamu salah memilih kandungan yang baik untuk kulit, maka akan berdampak buruk di kemudian hari. Penting sekali hukumnya, mencari tahu kandungan berbahaya yang wajib dihindari dalam memilih produk kecantikan. Hindari sejumlah kandungan bahan produk kecantikan ini.

1. Polyethylene Glycol (PEG)

Polyethylene Glycol (PEG) banyak digunakan sebagai pengental dan membuat produk lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Biasanya PEG terdapat dalam lotion, sampo, dan sunblock. PEG dapat terkontaminasi dengan etilen oksida dan menyebabkan karsinogen (zat pemicu kanker) dan terkontaminasi 1,4-Dioxane (yang menyebabkan masalah pernapasan dan dilarang di Kanada). PEG dapat membuat kulit menjadi lebih cepat menua dan menyebabkan tingkat kelembaban kulit berkurang.

2. Formaldehida

Formaldehyde digunakan sebagai pengawet anti bakteri dalam kosmetik. Zat ini juga menimbulkan karsinogen yang terkait dengan asma, neurotoksisitas (disfungsi saraf), dan toksisitas (merusak perkembangan sel). Dalam tingkat rendah, dapat digunakan secara aman dan legal dalam produk perawatan kulit. Namun ketika digunakan dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Diethanolamine

Diethanolamine (DEA) monoethanolamine (MEA), dan triethanolamine (TEA) adalah senyawa amonia yang digunakan sebagai pengental dan pembuat busa. Bahan kimia ini juga dapat membentuk senyawa karsinogenik ketika dicampur dengan nitrosamin (zat yang sering ditemukan dalam kosmetik). DEA, MEA dan TEA sering ditemukan dalam make up, sampo, sunblock dan pewarna rambut. 

4. Coal Tar (Tar Batubara)

Tar batubara membuat kulit melepaskan sel-sel mati dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit. Menurut penelitian, tar batubara dapat mengiritasi, mengeringkan kulit dan mengaktifkan sel-sel kanker.

5. Dimethicone

Dimethicone adalah polimer berbasis silikon yang digunakan untuk menciptakan rasa lembut dan halus pada kulit dan rambut. Sayangnya, zat ini menyumbat pori-pori sehingga sering menyebabkan jerawat dan iritasi. Hindari produk dengan label dimethicone, methicone, phenyl trimethicone, cyclomethicone, dimethiconol, dan dimethicone copolyol. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung minyak jojoba untuk melembutkan dan menghaluskan kulit tanpa menyumbat pori-pori atau iritasi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak