Waspada, Jerawat Dewasa Jadi Pemicu Gangguan Kesehatan

Oktober 03, 2019

Waspada, Jerawat Dewasa Jadi Pemicu Gangguan Kesehatan

Ladies, kamu pasti pernah mendengar jerawat dewasa? Jerawat ini umumnya disebabkan oleh hormon, menstruasi, dan lainnya. Namun, dalam beberapa kasus jerawat ini bisa mengindikasikan gangguan kesehatan.

1. Jerawat terkait hormon

Jerawat dewasa pada wanita dapat menjadi tanda ketidakseimbangan hormon jika disertai dengan gejala pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan (di dada, wajah, atau perut), rambut rontok, atau periode menstruasi yang tidak teratur. Hal paling umum adalah Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).

2. Jerawat yang tidak terlihat

Dalam beberapa kasus, kanker kulit bisa dipicu dari muculnya jerawat. Jika kamu memiliki jerawat yang tidak hilang setelah sekian lama, maka harus menemui dokter kulit. Dokter akan menjelaskan yang mungkin terjadi jika jerawat terlalu lama di wajah.

3. Muncul banyak jerawat

Tiba-tiba datang jerawat meradang, terdiri dari benjolan merah atau kista. Jerawat ini bisa berasal dari steroid inhaler atau steroid sistemik

4. Jerawat berkerak dan mengeras

Apakah kamu pernah mengalami jerawat berkerak di sekitar mulut dan hidung serta berwarna kekuningan?. Sebenarnya, itu bukan jerawat melainkan impetogi atau jenis infeksi staph. Untuk mengangkatnya dapat menyebabkan kemerahan dan rasa sakit. Kamu perlu penanganan obat topikal dan medikasi oral.

5. Jerawat memiliki warna yang berbeda

Jerawat dengan warna yang berbeda kemungkinan bukan jerawat sama sekali. Bisa jadi mulia jika bentuknya benjolan kecil, keras, dan putih. Hitam berkerut di pipi dan area telapak kaki bisa menjadi tanda kerusakan akibat sinar matahari kronis. Tonjolan kekuningan pada dahi dan pipi pada orang dewasa lebih tua adalah pembesaran kelenjar minyak (sebaceous gland hyperplasia).

6. Kista mendalam

Jerawat sistik atau breakouts yang dalam dan lama untuk sembuh akan meninggalkan pigmentasi pasca inflamasi atau kemerahan dan makin memburuk saat menstruasi. Jerawat ini membutuhkan perawatan dengan pendekatan unik seperti terapi anti-androgen dengan obat resep spironolactone. Amati jerawat dewasa ini dan konsultasikan dengan dermatolog jika dirasa sulit hilang karena dapat mengganggu kesehatan yang lebih buruk.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak