Wajah Mudah Berjerawat? Begini Cara Mengatasinya

Febuari 11, 2019

Wajah Mudah Berjerawat? Begini Cara Mengatasinya

Wajah cenderung mudah berjerawat? Duh, pasti kamu butuh banyak bersabar yah. Buat kamu yang wajahnya mudah berjerawat, kenali dulu nih penyebabnya. Biasanya jerawat disebabkan dari faktor luar (eksternal) dan dalam (internal). Faktor dalam misalnya, riwayat keluarga, perubahan hormon, dan penyakit tertentu. Sementara, polusi, kebersihan wajah, pola makan, kebiasaan tidur menjadi faktor eksternal yang mudah menyebablan jerawat. Kalau sudah begitu, kamu butuh cara mengatasinya. Simak pandutan tepat mengatasi wajah yang mudah berjerawat:

Menjaga kebersihan kulit wajah

Wajah yang berjerawat cenderung berminyak. Disarankan, untuk mencuci muka dengan pembersih yang mengandung asam salisilat sebanyak dua sampai tiga kali sehari. Jangan lupa untuk melakukan double cleansing.

Gunakan toner

Setelah mencuci muka, kamu harus menggunakan toner. Toner berfungsi untuk merawat dan membersihkan sisa kotoran dan makeup yang masih menempel di wajah setelah mencuci muka. Kulit berminyak disarankan menggunakan toner AHA. Kamu yang kulitnya kering dan sensitif bisa menggunakan toner berbahan PHA.

Gunakan produk berbahan gel

Ada baiknya kulit berminyak menggunakan produk bertekstur gel atau losion yang ringan. Tujuannya, agar tidak merangsang kelenjar minyak untuk lebih aktif.

Hati-hati memilih produk wajah

Jika wajah mudah berjerawat sebaiknya hindari bahan yang mudah mengiritasi kulit. Tidak disarankan menggunakan riasan yang bersifat komedogenik atau memicu timbulnya komedo. Hindari pula sunscreen yang mengandung avobenzon. PABA, dioxybenzone, atau homosolate. Jika mengandung bahan tersebut, hindari pemakaian lebih dari tiga jam karena mudah menyumbat pori dan memicu timbulnya jerawat.

Hindari makanan glikemik tinggi

Indeks glikemik adalah nilai yang menggambarkan tentang seberapa cepat makanan bisa memengaruhi kadar gula darah. Semakin besar nilai indeks glikemik maka semakin cepat kenaikan kadar gula darah setelah makanan. Makanan indeks glikemik tinggi di atas 70 seperti nasi putih, mie instan, dan makanan manis yang merangsang peradangan kulit. Makanan ini juga memperbesar kelenjar minyak dan membuatnya lebih aktif sehingga risiko jerawat akan meningkat.

Tidak begadang

Begadang dan kurang tidur merangsang produksi hormon kortisol atau stres yang bisa memperparah jerawat dan merangsang terbentuknya jerawat baru. Usahakan, tidur dengan cukup kurang lebih 7 jam.

Produk rekomendasi :

SWISSVITA ACNE SOLUTION SKIN BALANCING TONER SWISSVITA ACNE SOLUTION SKIN BALANCING TONER




Dan juga Beauty Tips

Cara Pakai Skincare Vitamin C agar Bekerja Maksimal
Cara Pakai Skincare Vitamin C agar Bekerja Maksimal

Juni 18, 2019

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, jika dipakai dengan aturan tepat. Begini cara pemakaian vitamin C yang tepat agar bekerja optimal untuk kecantikan kulit.

Baca lebih banyak

5 Bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput
5 Bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput

Juni 18, 2019

Seluruh bagian tubuh akan mengalami proses penuaan. Namun, ada bagian tubuh yang paling rentan keriput dibanding area lainnya.

Baca lebih banyak

4 Rahasia Mencegah Penuaan yang Jarang Diketahui Orang
4 Rahasia Mencegah Penuaan yang Jarang Diketahui Orang

Juni 17, 2019

Mencegah penuaan kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

Baca lebih banyak