Tips Seberapa Sering Keramas Sesuai dengan Jenis Rambut

Desember 11, 2019

Tips Seberapa Sering Keramas Sesuai dengan Jenis Rambut

          Seberapa sering kita harus keramas? Banyak orang yang mengatakan bahwa kita harus keramas setidaknya 2 hari sekali. Namun apakah itu benar-benar cukup dan sesuai dengan kebutuhan rambut kita? Terlalu sering keramas menjadi dilema bagi wanita karena akan membuat minyak alami kulit kepala hilang dan membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah rontok. Tetapi tidak sering keramas membuat rambut menjadi kotor dan gatal.

          Tidak ada aturan yang pas untuk seberapa sering kamu harus mencuci rambut tergantung pada jenis rambut. Hal ini tergantung pada tekstur rambut, hormon, cuaca, rutinitas olahraga, seberapa banyak minyak kepala yang kamu hasilkan, bahkan seberapa sering kamu menyentuh dan menata rambut. Lalu seberapa sering kita harus keramas? Berikut ini adalah tips seberapa sering kamu harus keramas sesuai dengan jenis rambut.

  • Rambut Tipis: Orang dengan rambut yang tipis harus mencuci rambut setiap hari. Pilih sampo yang mengandung protein untuk menutrisi rambut, sekaligus menambah volume dan tekstur rambut.
  • Rambut Bergelombang/Tebal: Mulailah dengan mencuci rambut dua kali seminggu, dan gunakan sampo yang dapat memberikan kelembaban bagi rambut. Ini juga akan menjaga rambut tetap terhidrasi dengan baik meskipun kamu memakai dry shampoo.
  • Rambut Keriting: Karena rambut keriting cenderung kering, kamu yang memiliki tipe rambut keriting dapat mencuci rambut hanya seminggu sekali. Rambut yang ikal kehilangan kelembaban lebih cepat karena lebih banyak trombosit kutikula yang terangkat. Rambut keriting juga lebih sulit untuk tetap lembab karena bentuk keritingnya dapat memperlambat perjalanan pelembab alami rambut dari akar ke batang rambut.
  • Rambut Berminyak: Jika kamu memiliki rambut berminyak, kamu mungkin harus keramas setiap hari. Hal ini juga tergantung pada seberapa banyak rambut yang bersentuhan dengan wajah. Misalnya, jika kamu memiliki poni, kamu mungkin perlu mencucinya setiap hari. Carilah sampo yang mengandung asam salisilat untuk melenyapkan minyak berlebih dari kulit kepala serta membuat kulit kepala lebih bersih.

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak