Tips Perawatan Kulit yang Wajib Dilakukan Sesuai Usia 20-40 Tahun

November 14, 2019

Tips Perawatan Kulit yang Wajib Dilakukan Sesuai Usia 20-40 Tahun

          Setiap orang memiliki kulit yang unik dan berubah seiring berjalannya waktu. Setiap kulit wanita juga memiliki kemampuan yang berbeda dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Inilah mengapa kamu perlu mengetahui perawatan kulit seperti apa yang kamu butuhkan sesuai dengan usiamu. Sebaiknya kita merawat kulit sejak masih usia dini sehingga kita tidak perlu mengalami penuaan kulit yang lebih cepat dibandingkan seharusnya. Berikut ini adalah tips perawatan kulit yang wajib dilakukan saat berusia 20-an, 30-an dan 40-an.

  • Perawatan Kulit di Usia 20-an

          Usia 20-an adalah waktu terbaik untuk melakukan investasi perawatan kulit. Menciptakan kebiasaan yang baik membuat kulit akan lebih sehat dan segar di kemudian hari. Kulitmu masih memproduksi kolagen di usia 20-an meskipun akan berkurang setiap tahunnya. Ini adalah waktu terbaik untuk melakukan pencegahan penuaan dini. Beberapa masalah yang perlu kamu atasi di usia 20-an antara lain:

1. Jerawat: Jerawat bukan hanya masalah kulit remaja karena jerawat dewasa dapat bertahan hingga usia 20-an. Untuk merawat jerawat dewasa, gunakan skin care yang mengandung sifat antibakteri dan antiseptik. Kamu bisa menggunakan asam salisilat atau benzoil peroksida untuk mengobati jerawat lebih cepat.

2. Warna Kulit Tidak Merata: Salah satu masalah kulit yang umum di usia 20-an adalah warna kulit yang tidak merata akibat paparan sinar matahari. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan SPF setiap hari dan gunakan skin care yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit.

3. Penuaan Dini: Penuaan dini dapat terjadi semenjak kita berusia 20-an. Untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus, kamu bisa mencoba menggunakan skin care yang mengandung retinol atau vitamin A. Ketika kamu memakai retinol, itu berubah menjadi asam retinoat, yang meningkatkan pembaruan sel kulit. Retinol mengentalkan lapisan kulit yang lebih dalam, menghaluskan kerutan dengan meningkatkan produksi kolagen dan membantu mengurangi produksi minyak sehingga pori-pori menjadi lebih kecil.

  • Perawatan Kulit di Usia 30-an

          Mulai dari usia 30 kamu harus sudah memiliki rutinitas perawatan kulit yang mapan. Sudah saatnya kamu menggunakan produk-produk berkualitas tinggi yang memiliki bahan aktif untuk menyelesaikan masalah kulitmu. Di usia 30-an, kolagen di kulit sudah mulai rusak, dan kulit memproduksi lebih sedikit minyak, jadi kamu sudah harus mencari skin care yang benar-benar melembabkan. Kamu perlu juga menambahkan vitamin C sebagai bahan pencerah wajah dan merupakan antioksidan paling kuat yang diperlukan kulit. Beberapa tips yang kamu butuhkan di usia 30-an antara lain:

1. Berinvestasilah dalam Serum: Ketika mencapai usia 30 tahun, sudah saatnya kamu berinvestasi pada serum. Hal ini karena serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Karena serum terdiri dari molekul yang lebih kecil, serum dapat diserap kulit lebih dalam. Kamu juga dapat menggunakan serum yang terfokus pada masalah kulit yang lebih spesifik.

2. Gunakan Retinol: Kamu perlu melanjutkan pemakaian retinol di usia 30-an. Jangan lupa untuk mengoleskannya di leher dan tulang selangka juga, karena kulit ini sangat sensitif terhadap kehilangan kolagen sehingga kulit akan lebih cepat kendur.

3. Bersikaplah Lembut: Menginjak usia 30-an, kamu harus ekstra lembut saat mengaplikasikan produk karena kulit menjadi lebih rapuh, jadi cobalah mengoleskan skin care selembut mungkin, atau menepuknya dengan lembut ke kulit. Kamu juga perlu memberikan pijatan wajah setiap hari (lakukan saat mengoleskan serum atau minyak wajah) yang dapat membantu merangsang produksi kolagen.

  • Perawatan Kulit di Usia 40-an

          Di usia 40-an kamu sudah harus mengunci perawatan kulitmu. Pada titik ini, kulit akan mulai berubah karena kamu memasuki perimenopause (fase sebelum menopause). Ini berarti untuk pertama kalinya sejak remaja, hormon kamu mulai berubah secara dramatis, memengaruhi suasana hati dan kulitmu. Kulit akan mulai menipis karena kehilangan kolagen sehingga menyebabkan garis-garis halus dan kerutan akan lebih nampak. Menggunakan SPF setiap hari dapat menjadi pertahanan terbaik kulitmu. Tips perawatan kulit di usia 40-an yang perlu kamu lakukan adalah:

1. Hidrasi Kulit: Di usia 40-an, molekul yang mempertahankan kelembaban kulit mulai rusak sehingga kulit cenderung mengalami dehidrasi. Gunakanlah produk yang dapat mempertahankan kelembaban kulit lebih lama seperti lidah buaya, gliserin, asam hialuronat dan ceramides. Kamu juga bisa membantu kulit lebih lembab dengan memakai masker pelembab 1-2 kali seminggu. Beralihlah dari sabun pembersih wajah yang mengeringkan wajah menjadi sabun pembersih wajah yang melembabkan.

2. Gunakan Krim Mata: Kamu perlu memberi perhatian ekstra pada bagian mata karena kulit di area mata lebih tipis sehingga lebih mudah mengalami kerutan. Oleskan krim mata di pagi dan sore/malam hari yang mengandung bahan anti penuaan seperti retinol dan kolagen terhidrolisis. Kedua bahan ini akan membantu memperkuat dan menghaluskan kulit di sekitar mata. Kamu juga dapat mencari skin care yang mengandung peptida, karena peptida berfungsi meningkatkan produksi kolagen untuk membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

3. Makan Banyak Protein: Mempertahankan kecantikan kulit bukan hanya dari luar namun juga harus dari dalam. Makan banyak protein di usia 40-an sangat berguna untuk membantu tubuh memproduksi kolagen dan jaringan kulit yang elastis. Kamu juga dapat mencoba suplemen kolagen yang sudah banyak dijual di pasaran.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak