Tips Pemakaian Retinol untuk Tipe Kulit Sensitif

Desember 13, 2019

Tips Pemakaian Retinol untuk Tipe Kulit Sensitif

          Retinol telah menjadi solusi anti-penuaan sejak pertama kali muncul di dunia perawatan kulit. Kemampuannya untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan serta mempromosikan produksi kolagen kulit telah menjadikan retinol sebagai senjata yang ampuh. Namun, retinol juga tidak bisa sembarangan dipakai. Bahkan beberapa orang yang memiliki kulit sensitif menjadi ragu memakai retinol Jika kamu memiliki kulit sensitif dan ingin memakai retinol, kamu dapat menggunakan tips berikut ini:

1. Mulailah dengan Konsentrasi yang Lebih Rendah
          Bagi kamu yang baru saja ingin mencoba retinol, sebaiknya kamu mulai dari retinol dengan konsentrasi paling rendah. Memulai dengan konsentrasi yang terlalu kuat dapat mengiritasi kulit karena kulit membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan retinol. Mulailah dengan memakai retinol konsentrasi 0,3 karena retinol dengan konsentrasi rendah sangat bagus bagi orang yang baru mencoba retinol termasuk pemilik kulit sensitif.

2. Tingkatkan Secara Bertahap
          Kulit perlu waktu untuk terbiasa dengan produk apa pun. Hal ini juga berlaku dengan retinol. Setelah kamu terbiasa dengan retinol konsentrasi rendah, kamu dapat mulai secara bertahap meningkatkan pemakaian konsentrasi yang lebih tinggi. Perlu diingat bahwa sangat normal untuk melihat beberapa efek samping dalam beberapa minggu pertama setelah menggunakan retinol. Tanda-tanda seperti kemerahan dan kulit kering adalah yang paling sering terjadi, namun akan mereda apabila kulit telah terbiasa dengan retinol.

3. Gunakan Retinol Hanya Pada Malam Hari
          Salah satu efek samping dari pemakaian retinol adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Hal ini menjadikan retinol sebagai perawatan kulit yang sebaiknya dipakai pada malam hari saja. Jika kamu memakai retinol dan terkena sinar matahari, kamu berisiko terkena sengatan matahari dan kerusakan akibat sinar matahari.

4. Pilih Skin Care Selanjutnya dengan Hati-hati
          Jenis kulit sensitif umumnya harus berhati-hati dalam memasukkan skin care baru ke dalam rutinitas perawatan kulit. Saat menggunakan retinol, pastikan kamu melanjutkannya dengan pemakaian serum dan pelembab yang dirancang untuk kulit sensitif sehingga tidak perlu takut iritasi. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan pelengkap retinol seperti vitamin C yang dapat membantu membuat kulit awet muda.

5. Lindungi Kulit dari Matahari
          Meskipun kamu mengaplikasikan retinol pada malam hari, kulit kamu mungkin akan sensitif terhadap sinar matahari pada hari berikutnya. Karena itulah, penting untuk menggunakan tabir surya di pagi hari setelah melakukan rutinitas perawatan kulit. Pastikan juga untuk mengenakan pakaian pelindung dari sinar matahari saat bepergian ke luar rumah.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak