Tips Mudah Tidur Tanpa Mendengkur Alias Ngorok

Agustus 28, 2019

Tips Mudah Tidur Tanpa Mendengkur Alias Ngorok

          Kamu atau temanmu suka mendengkur? Jangan diabaikan lho, Ladies! Mendengkur atau lebih sering kita sebut ngorok merupakan tanda bahwa tubuh tidak sehat. Kondisi yang mengakibatkan tidur sambil mendengkur meliputi :

  • saluran udara tersumbat
  • kegemukan
  • masalah dengan struktur mulut, hidung, atau tenggorokan
  • kurang tidur
  • tidur posisi terlentang
  • sering minum alkohol

Supaya kamu bisa tidur dengan nyaman dan tenang, kamu bisa mengikuti tips berikut ini, Ladies!

1. Ubah posisi tidur
          Berbaring terlentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak di bagian tenggorokan “masuk” ke dinding belakang tenggorokan yang menyebabkan suara bergetar saat tidur. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba posisi tidur menyamping.

2. Ganti bantal
          Seberapa sering kamu mengganti bantal? Semua debu dan tungau yang menumpuk di bantal dapat menimbulkan reaksi alergi penyebab mendengkur. Gantilah sarung bantal setidaknya satu minggu sekali, dan gantilah bantal setiap enam bulan untuk meminimalkan adanya tungau di kasur. Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur untuk menghindari adanya kutu atau binatang kecil lainnya masuk ke bantal.

3. Buka saluran udara
          Menjaga saluran hidung tetap terbuka dapat membantu kamu mengatasi dengkuran. Jika hidung tersumbat atau menyempit karena pilek atau penyumbatan lainnya, akan menjadi lebih mudah untuk mendengkur saat tidur. Kamu bisa mengatasinya dengan mandi air panas sebelum tidur untuk membantu membuka saluran hidung.

4. Tidur cukup
          Kebiasaan tidur yang kurang cukup membuat tubuh semakin kelelahan dan lebih berpotensi mendengkur. Ubah pola tidurmu supaya mendapatkan tidur setidaknya 8 jam setiap hari sehingga saat malam kamu tidak mendengkur dan bangun lebih segar di pagi hari.

5. Jaga tubuh tetap terhidrasi
          Sekresi (pembuatan lendir) di hidung dan langit-langit lunak tenggorokan menjadi lengket ketika kamu mengalami dehidrasi dan menyebabkan lebih banyak mendengkur. Minumlah cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik setiap hari. Saran yang dianjurkan yaitu wanita meminum 11 gelas total air (baik dalam makanan maupun minuman) sedangkan pria 16 gelas total air setiap hari.

6. Turunkan berat badan
          Jika sebelumnya kamu tidak mendengkur sebelum mengalami kenaikan berat badan, berarti lemak di sekitar lehermu menjadi penyebabnya. Lemak di sekitar leher meremas diameter internal tenggorokan dan memicu suara dengkuran. Olahraga secara rutin dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan lemak di sekitar leher.

7. Hindari konsumsi alkohol
          Alkohol dan obat penenang mengurangi pola istirahat dari otot-otot di bagian belakang tenggorokan, sehingga kemungkinan mendengkur semakin besar. Minum alkohol empat hingga lima jam sebelum tidur membuat mendengkur bertambah buruk. Hindari konsumsi alkohol agar kamu tidur lebih nyenyak ya, Ladies!




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak