Tips Mengobati Mata Kemerahan Akibat Iritasi

November 13, 2019

Tips Mengobati Mata Kemerahan Akibat Iritasi

          Mata yang merah dapat terjadi ketika pembuluh darah di permukaan mata membesar atau melebar. Seringkali mata yang kemerahan dapat terjadi karena mata terlalu lelah, adanya zat atau benda asing yang masuk ke mata dan iritasi karena infeksi. Mata yang memerah biasanya hanya bersifat sementara dan hilang dengan cepat. Untuk mengobati mata kemerahan, kamu dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

  • Obat Tetes Mata

          Obat tetes mata akan melumasi mata dan membantu membuatnya tetap bersih. Seringkali iritasi atau mata kemerahan disebabkan oleh mata yang kering sehingga kamu dapat mengatasinya dengan obat tetes mata untuk menjaganya tetap lembab dan sehat.

  • Kompres Air Hangat

          Rendam handuk dalam air hangat dan peras. Area di sekitar mata sensitif, jadi jaga suhu pada tingkat yang wajar. Letakkan handuk di mata selama sekitar 10 menit. Panas dapat meningkatkan aliran darah ke daerah mata. Cara ini juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kelopak mata sehingga memungkinkan mata memproduksi lebih banyak pelumasan.

  • Kompres Air Dingin

          Jika kompres hangat tidak berfungsi, kamu dapat mencobanya dengan kompres air dingin. Handuk yang direndam dalam air dingin dan diperas juga dapat memberikan bantuan jangka pendek untuk gejala mata merah. Cara ini dapat meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa gatal akibat iritasi.

  • Ganti Lensa Kontak

          Jika kamu mengalami kemerahan mata dan kamu mengenakan lensa kontak, masalahnya mungkin karena lensa kontakmu. Bahan-bahan yang ditemukan di dalam lensa tertentu dapat meningkatkan kemungkinan infeksi atau iritasi. Perhatikan untuk mengganti lensa kontak dalam kurun waktu yang telah ditentukan dan pastikan untuk menjaga kebersihan lensa kontak.

  • Atur Asupan Makan

          Makan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan mata menjadi kemerahan. Hindari makan makanan olahan, produk susu dan makanan cepat saji. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dan beberapa jenis biji-bijian. Jangan lupa untuk menjaga asupan air putih setidaknya minum 8 gelas setiap harinya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak