Tips Memutihkan Kulit Tubuh

Desember 21, 2019

Tips Memutihkan Kulit Tubuh

Memiliki kulit putih dan mulus adalah dambaan para wanita. Sebagian dari mereka bahkan rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan kulit putih dan mulus. Dari sisi kesehatan, memutihkan kulit sebetulnya tidak diperlukan, bahkan dapat menyebabkan efek samping yang serius bagi kesehatan secara keseluruhan. Namun, jika tetap ingin memutihkan kulit tubuh, ketahui cara yang aman beserta risiko dari langkah yang diambil.

Produk pemutih kulit di pasaran dikenal dengan banyak nama, mulai dari bleaching creams, whiteners, skin brighteners, atau fading creams. Produknya bekerja dengan mengurangi jumlah melamin pada kulit sehingga kulit akan berwarna lebih cerah. Sebenarnya, memutihkan kulit harus konsultasi ke dokter lebih dulu agar lebih aman dan efektif. Dokter akan merekomendasikan dua jenis cara memutihkan kulit tubuh yang aman, yakni dengan krim pencerah warna kulit dan perawatan laser.

Krim pencerah warna kulit

Cara memutihkan kulit tubuh ini biasanya dipilih karena praktis dan terjangkau dibanding treatment ke klinik kecantikan. Namun, dibutuhkan waktu yang lebih panjang sampai untuk melihat hasilnya, biasanya hingga 3-4 bulan pemakaian. Bahan kandungan dalam krim pencerah kulit biasanya hidrokinon dan hidrokortison (steroid).

Jangan pilih produk yang mengandung merkuri karena logam berat tersebut dapat merusak ginjal. Sistem saraf juga akan rusak sehingga mengalami kebas atau kesemutan di tangan, kaki, dan sekitar mulut yang tidak bisa disembuhkan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), produk tertentu dikatakan mengandung merkuri bila pada komposisinya terdapat satu atau lebih dari bahan-bahan seperti Calomel, Cinnabaris, Hydrargyri oxydum rubrum, Quicksilver. Jika mendapati tulisan ‘mercury’ atau ‘mercuric’ dalam bahan pembuat krim tertentu, maka produk itu sama saja positif mengandung merkuri. Bahan yang dimaksud misalnya adalah mercuric aminochloride, mercury oxide, maupun garam merkuri.

Perawatan laser

Laser dianggap lebih cepat dalam memutihkan kulit karena hanya butuh waktu 1-2 minggu setelah perawatan. Tapi, kamu harus merogoh kocek dalam-dalam jika ingin menempuh cara yang satu ini. Selain itu, ada efek samping yang membuat tidak nyaman setelah menjalani perawatan laser ini. Misalnya, kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan bersisik selama 1-2 minggu, bahkan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dalam 6 bulan setelah perawatan. Ada beberapa langkah yang dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat laser.

- Bersihkan area yang baru saja dilaser dengan menggunakan sabun tanpa pewangi, bilas, dan keringkan dengan handuk lembut.

- Gunakan losion yang mengandung pelembap untuk mendinginkan area yang dilaser.

- Jangan mengopek kulit yang mengelupas.

- Kompres area yang terasa perih dengan es batu.

- Gunakan tabir surya untuk melindungi area yang baru saja dilaser dari sengatan sinar matahari.

- Bila rasa perih sudah tidak tertahankan, minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.

Seperti halnya perawatan dengan krim, cara memutihkan kulit tubuh dengan perawatan laser kadang tidak bersifat permanen. Artinya, kulit bisa kembali menghitam sehingga harus mengulangi perawatan yang sama kembali.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak