Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif

Agustus 02, 2019

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif

Mencari pelembab untuk kulit sensitif terbilang rumit. Sebab, kulit mereka rentan iritasi, meradang, memerah, bersisik, mengelupas, gatal-gatal, hingga berjerawat. Mereka harus hati-hati dalam memilah produk. Apa saja yah yang perlu diperhatikan dalam memilih pelembab untuk kulit sensitif?.

1. Kandungan bahan

Pelembab mengandung gliserin adalah pilihan tepat untuk kulit sensitif daripada yang mengandung lanolin karena jarang menimbulkan reaksi alergi. Dermatolog asal Colombus Susan Massick, MD menyarankan untuk mencari produk berbahan aktif retinol. Jika kulit sensitifmu rentan berjerawat, hindari produk yang mengandung isopropil miristat dan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki nama lain Sodium Laureth Sulfate (SLS). Kulit panas menyengat maka hindari asam laktat, asam glikolat, asam azelaic, atau benzyl alcohol. Ruam gatal, cari formula yang bebas alkohol dan paraben.

2. Pilih produk bebas parfum

Dalam memilih pelembab untuk kulit sensitif perlu memerhatikan beberapa hal. Pertama, cari yang berlabel hypoallergenic dan bebas pewangi atau mengandung parfum. Parfum baik sintetis maupun ekstrak alami akan menimbulkan reaksi alergi, seperti jerawat, radang, kemerahan, iritasi, hingga pembengkakan. Khusunya, orang yang punya masalah kulit seperti rosacea, dermatitis, eksim, hingga jerawat.

3. Pilih pelembab yang mengandung SPF

Pilihlah pelembab bebas minyak dan yang mengandung sunscreen dengan SPF 30. Kandungan sunscreen yang baik untuk kulit sensitif adalah titanium dioxide dan zinc oxide. Hindari kandungan avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone. Ketiga bahan ini aman untuk kulit wajah normal, tapi menimbulkan reaksi alergi untuk kulit sensitif.

4. Perhatikan kekentalan tekstur pelembab

Tak hanya kandungan bahan yang perlu diperhatikan saat memilah pelembab untuk kulit sensitif. Perhatikan juga kekentalan teksturnya. Untuk kulit sensitif adalah tekstur dari pelembab itu sendiri. Serta, cari yang mengandung bahan alami seperti teh hijau, sunflower oil, ekstrak chamomile, dan vitamin C yang membantu menenangkan iritasi kemerahan kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak