Tips Memilih Foundation Berdasarkan Jenis Kulit

Juli 12, 2019

Tips Memilih Foundation Berdasarkan Jenis Kulit

Foundation merupakan base dalam mempercantik tampilan makeup. Kebanyakan orang memilih foundation berdasarkan warna kulit saja. Padahal, dalam memilih foundation juga harus memerhatikan jenis kulit agar makeupnya menyatu sempurna. Kamu bisa memilih foundation krim, liquid, stick, hingga hasil akhir yang dewy atau matte. 

1. Kulit kering

Tipe kulit kering memproduksi sebum (minyak) lebih sedikit. Hal ini membuat kulit sulit untuk lembab. Jenis foundation yang cocok adalah cair dan krim. Foundation dengan tekstur tersebut akan menghasilkan kulit lembut dan memberi efek berkilau pada kulit. Namun, sebelum gunakan foundation baiknya pakai pelembab lebih dulu. Jika sempat, gunakan hydrating mask juga sebelum pakai foundation. Disarankan, aplikasikan foundation menggunakan jari atau sponge basah. Minyak pada jari akan menghapuskan permukaan kulit yang kering. Sponge basah untuk memberi kilauan ekstra. Aplikasikan face mist setelah foundation. Face mist akan meresap melalui makeup dan mampu melembabkan wajah hanya dengan tahapan yang praktis.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak memproduksi sebum secara berlebihan yang membuat kulit menjadi licin dan nampak berkilap. Untuk meminimalisir minyak, pilih foundation dengan formula water-based atau matte finish. Aplikasikan foundation menggunakan brush datar yang keras. Jika masih ada minyak yang masih tersisa, bisa gunakan tisu sebelum mengaplikasikan bedak.

3. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi biasanya memiliki minyak di bagian T-zone dan kering di area pipi. Direkomendasikan penggunaan foundation cair dengan satin finish. Ini akan memberi kilai pada area kulit yang kering tanpa membuat daerah T berkilap. 

4. Kulit normal

Berbahagialah pemilik jenis kulit normal karena tidak memiliki masalah kulit. Tipe kulit normal bebas memilih tipe foundation dan alat pengaplikasiannya. Kamu bisa memilih produk krim yang dewy atau matte finish untuk mendapatkan tampilan pas. Jika ingin memiliki tampilan full coverage, direkomendasikan penggunaan stippling brush dengan sponge untuk pengaplikasiannya. Tampilan yang lebih tipis, coba gunakan ujung-ujung jari atau brush.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak