Tips Makeup saat Kulit Berjerawat

Agustus 27, 2019

Tips Makeup saat Kulit Berjerawat

Ladies, meski kulit sedang berjerawat bukan berarti kamu tidak boleh makeup. Hanya saja makeupnya memang perlu tips dan trik agar tetap terlihat mulus. Selain itu, perhatikan juga kandungan makeup yang digunakan agar tidak memperparah jerawat kamu. Misalnya, memilih makeup yang non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Nah, apa saja yah tips makeup untuk kulit berjerawat?.

1. Gunakan spons atau kuas yang bersih

Jangan pernah menggunakan tangan untuk menyapu foundation ke wajah. Tangan dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan meningkatkan sekresi minyak berlebih. Gunakan kuas atau spons yang bersih saat makeup. Produk juga akan membaur lebih merata dan tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Selain itu, menggunakan spons dapat menutup jerawat dan bekasnya. Gunakan dengan cara ditap atau ditepuk pelan saja.

2. Periksa kandungan makeup

Sebelum membeli makeup, perhatikan juga kandungan di dalamnya. Pilih yang bebas paraben, non-comedogenic, bebas sulfat, dan minyak. Hindari membeli makeup yang mengandung butter, minyak kelapa, asam laurat, minyak lanolin, dan isostearat isopropyl.

3. Gunakan primer

Menggunakan primer dapat mengontrol minyak sekaligus menjadi pembatas antara kulit dan alas bedak. Jika wajah berjerawat cenderung kemerahan, kamu bisa menggunakan primer berwarna hijau untuk menetralisir warna merahnya agar warna kulitnya lebih merata. Pilih yang bebas minyak agar lebih tahan lama.

4. Concealer dua warna

Pilih concealer yang warnanya satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit. Lalu, oleskan di bagian yang berjerawat dan kemerahan.

5. Foundation oil free

Disarankan memilih foundation yang oil free agar tidak membuat wajah menjadi berminyak. Hindari foundation yang hasilnya dewy atau glowy karena kulit berjerawat maka bisa terlihat semakin berminyak. Kamu juga bisa memilih yang matte. Gunakan foundation tipis-tipis karena jika terlalu tebal akan memperparah kondisi jerawatmu. Lalu, biarkan foundation menempel dengan baik sebelum ke tahap selanjutnya.

6. Bedak tabur

Gunakan bedak tabur sebagai finishing. Butiran bedak lebih masuk ke dalam kulit namun tidak menyumbat pori-pori. Hindari gunakan bedak padat karena hasilnya akan membuat wajah cracking atau retak.

7. Double cleansing

Usai menggunakan makeup, kamu harus membersihkannya dengan cara double cleansing sebelum tidur. Agar, jerawatnya tidak makin banyak dan tidak memperparah kondisi jerawat yang ada.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak